Samsung Berbasis Android 10 akan Hadir, Berikut ini Beberapa Fitur Barunya

Samsung Berbasis Android 10
Ilustarasi smartphone Samsung. Foto: Istimewa

Samsung berbasis Android 10 akan segera hadir. Samsung android 10 memiliki berbagai fitur baru yang tentunya dengan teknologi canggih. Memang perusahaan asal Korea Selatan ini tidak pernah berhenti mengembangkan perangkatnya. Apalagi Samsung menjadi vendor yang beruntung bisa menyematkan Android 10 yang dibesut oleh Google. 

Untuk saat ini, Samsung masih menggunakan Android 10 versi beta. Lalu, apa yang menarik dari Sistem Operasi Android 10 yang disematkan pada ponsel Samsung ini? 

Fitur yang Disematkan pada Samsung Berbasis Android 10 

Mendukung Teknologi 5G 

Para pengguna Smartphone harus bersiap-siap dengan kehadiran jaringan 5G. Menariknya, Samsung berbasis Android 10 nantinya akan mendukung penggunaan jaringan teknologi 5G. Dengan begitu, Samsung akan lebih mudah terkoneksi dengan aplikasi serta gim yang memberikan pengalaman baru saat menggunakan Smartphone.   

Menavigasi Ponsel dengan Gestur

Samsung berbasis Android 10 akan semakin menarik dengan adanya fitur yang memungkinkan penggunanya menavigasi ponsel dengan menggunakan gestur saja. Dengan adanya fitur semacam ini dalam Samsung Android 10, maka pengguna tidak perlu menyentuh layar saat akan mengoperasikan sebuah aplikasi. 

Fitur Dark Mode untuk Kenyamanan Penggunanya

Tidak perlu terkejut jika nantinya Samsung yang telah menggunakan Android 10 akan memiliki tampilan antarmuka yang lebih gelap. Pasalnya, Smartphone dengan sistem operasi Android 10 dilengkapi dengan fitur dark mode. Ketika aplikasi pada ponsel diaktifkan, maka fitur dark mode pun akan aktif secara otomatis. 

Ponsel dengan model Samsung berbasis Android 10 yang memiliki fitur dark mode diharapkan dapat memberikan kenyamanan kepada pengguna saat menggunakan ponsel kesayangannya. Mata menjadi tidak cepat lelah karena tampilan layar tidak terlalu terang. Selain itu, baterainya pun akan lebih hemat karena cahaya yang digunakan tidak terlalu terang. 

Fitur Live Caption 

Fitur ini menjadi salah satu fitur yang menarik pada Samsung berbasis Android 10. Fitur Live Caption sangat cocok untuk pengguna yang suka sekali menonton video, mendengarkan podcast, atau audio melalui ponsel. Saat fitur ini diaktifkan maka video, podcast, atau audio yang diputar akan menampilkan subtitle. 

Dengan fitur ini, pengguna Samsung dapat menikmati video, podcast, atau audio favorit dengan lebih nyaman. Pengguna tidak akan kehilangan pesan atau suara yang tidak jelas karena bisa membacanya di bagian subtitle. 

Fitur Bubble 

Samsung ingin memanjakan penggunanya dengan sebuah smartphone yang mudah dan nyaman digunakan. Keputusan menyematkan Android 10 memang sangat tepat untuk mendukung misi tersebut. Salah satunya adalah karena Samsung berbasis Android 10 akan dilengkapi dengan fitur bubble. 

Fitur ini membantu pengguna untuk membalas langsung pesan walaupun sedang membuka aplikasi lainnya. Sesuai dengan namanya, saat seseorang menghubungi ponsel Anda, maka akan muncul sebuah gelembung. Anda hanya perlu mengetuk gelembung tersebut untuk membalas pesan yang masuk ke ponsel Samsung Anda.  

Fitur Sound Amplifier

Ponsel Samsung juga akan memiliki kualitas suara yang lebih jernih dengan adanya sistem operasi Android 10. Nantinya, ponsel Samsung berbasis Android 10 akan dilengkapi dengan fitur penguat suara atau sound amplifier. Fitur ini akan membuat suara lebih jernih dan jelas. 

Suara yang masuk ke ponsel saat headphone terpasang akan disaring oleh fitur sound amplifier. Fitur ini sangat berguna saat Anda harus mendengarkan suara melalui ponsel pada area yang berisik. 

Ponsel Samsung yang akan Mendapatkan Sistem Operasi Android 10

Kabar baiknya, Android 10 akan disematkan tidak hanya pada 1 tipe ponsel saja, tetapi beberapa tipe ponsel Samsung. Ponsel Samsung berbasis Android 10 mulai dari Samsung tipe kelas premium, menengah, hingga kelas bawah. Sebut saja Samsung Galaxy A yang hampir semua tipenya kebagian sistem operasi Android 10. 

Sistem Operasi terbaru Google ini akan tersedia pada Samsung Galaxy A6, A7, A8, A9, A10, hingga A90. Tidak hanya Samsung seri Galaxy A saja yang akan mendapatkan Android 10 tetapi juga Samsung dari seri Galaxy J dan Galaxy M. 

Pengguna Samsung seri Galaxy S dan Galaxy Note termasuk Galaxy S9, Galaxy Note 9, dan S9 Plus juga patut berbahagia karena Anda bisa mencoba kecanggihan fitur yang disematkan pada Android 10. 

Salah satu seri yang tidak akan masuk dalam daftar ponsel Samsung berbasis Android 10 adalah Samsung Galaxy S8 dan Galaxy Note 8. Hingga saat ini, belum diketahui pasti kapan sistem operasi Android 10 akan disematkan pada ponsel Samsung. (R10/HR-Online)    

Loading...