Sapi Mati Misterius di Ciamis, Matanya Pecah

sapi mati
Sapi mati secara misterius di Cipaku, Ciamis. Foto: Net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Satu ekor sapi jenis lokal milik Enung Suryana (59), warga Dusun Sindangjaya, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, mati secara misterius dengan bagian mata pecah, Sabtu (14/9/2019).

Enung menjelaskan, sekitar jam 16.00 WIB, Jum’at ( 13/9/2019), dirinya memberikan pakan kepada keempat ekor sapi milikinya, saat itu sapinya terlihat normal bahkan napsu makannya pun bagus.

“Nah sekitar setengah tujuh malam, saya kembali lagi untuk menengok kandang sapi, keempatnya terlihat sudah pada tidur. Namun pagi harinya begitu mau memberi pakan, satu ekor sapi sudah tergeletak mati dengan bagian mata pecah,” terang Enung yang ditemui HR Online di kediamannya, Minggu (15/9/2019).

Pemilik sapi ini mengatakan,  sepanjang dirinya beternak sapi, baru kali ini sapinya mati dengan mata. “Kalau istilahnnya sapi mati karena keracunan masih dibilang wajar, tapi kalau sampai matanya pecah dan mati, baru pertama ini terjadi,” kata Enung.

Dirinya sempat menduga pecahnya salah satu ekor sapi hingga mengakibatkan kematian akibat tertusuk paku. Namun, setelah dia memeriksa kandang sapi miliknya, tidak ditemukan benda yang bisa menyebabkan mata seekor sapi miliknya pecah.

“Sayang sekali sebenarnya, kalau dihitung akibat satu sapi ini mati, ruginya sampai 15 juta rupiah,” katanya.

Sementara Mahmud, tetangga Enung mengatakan, matinya sapi milik Enung disebutnya cukup misterius. sebab, belum diketahui penyebab mata sapi milik Enung pecah hingga sudah ditemukan tewas.

“Aneh dan misterius juga, tidak diketahui penyebab pastinya kenapa bisa sampai pecah mata sapinya sampai mati seperti itu,” ujar Mahmud.

Mahmud sempat menduga penyebab pecahnya mata sapi milik Enung akibat dari tandukan sapi lainnya.

“Bisa saja karena ditanduk sama sapi yang satu kandang itu, itu bisa jadi satu kemungkinan, tapi belum pasti juga,” katanya. (Edji/R7/HR-Online)