Sarjana STAIMA Kota Banjar Diminta Entaskan Buta Huruf Al Qur’an

Sarjana STAIMA Kota Banjar
KH Munawir saat memberikan sambutan dalam wisuda Sarjana STAIMA Kota Banjar. Foto: Muhafid/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Sarjana STAIMA Kota Banjar diimbau KH Munawir Abdurrohim untuk mengentaskan buta huruf Al Qur’an masyarakat yang ada di wilayahnya masing-masing. Sarjana baginya adalah sebuah tanggungjawab yang harus diemban dan bukan sekedar gelar semata.

Ketua Yayasan Ponpes Miftahul Huda Al Azhar Citangkolo Kota Banjar, KH Munawir Abdurrohim, dalam wisuda STAIMA tahun 2019 mengingatkan akan peran para sarjana untuk hadir mewarnai kehidupan masyarakat di lingkungannya masing-masing.

“Salah satunya bagi sarjana STAIMA Kota Banjar adalah mengentaskan buta huruf Al Qur’an. Itu ciri khas kampus kita yang perlu dipertahankan oleh semuanya, apalagi lulusan dari kita banyak yang bergerak di bidang pendidikan,” tegasnya dalam sambutan, Minggu (15/9/2019).

Dengan mengentaskan buta huruf Al Qur’an di tengah-tengah masyarakat, kata KH Munawir, diharapkan masyarakat akan lebih cinta dan paham terhadap ajaran Islam yang dianutnya. Apalagi, tantangan saat ini bagi pendidik sangat kompleks sekali, terutama dalam mengajarkan akhlak serta pengetahuan agama Islam di era yang serba modern saat ini.

“Sekali lagi, itu ciri khas kita yang memang bergelut di bidang pendidikan yang bernuansa Islam. Percayalah, Insya Alloh dengan mengentaskan buta huruf Al Qur’an di tengah-tengah masyarakat Alloh akan memberikan jalan yang terbaik bagi kita dalam menjalani kehidupan ini,” katanya.

Sebagai salah satu yayasan yang memiliki ribuan santri dan pelajar dari berbagai tingkatan, kata KH Munawir, merupakan salah satu wujud komitmen pihaknya dalam membantu pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat, baik di bidang agama maupun bidang umum.

“Kita harap dukungan semua pihak agar lembaga yang ada bisa lebih maju, berkualitas pendidiknya dan pelajarnya. Termasuk dari semua sarjana STAIMA Kota Banjar,” pungkasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, dalam wisuda tersebut sebanyak 130 mahasiswa mengikuti proses wisuda dengan rincian 27 dari Jurusan Syariah Akhwalussyakhsiyya dan 103 dari Tarbiyah. Sementara itu, sarjana STAIMA Kota Banjar yang Cumloud dari Syariah sebanyak 2 orang dan Tarbiyah 4 orang. Adapun yang mendapatkan prestasi karena hafal Al Qur’an sebanyak 6 orang. (Muhafid/R6/HR-Online)