spot_imgspot_img
BerandaBerita TerbaruSatelit Apstar 6 Siarkan Sepakbola Liga Top Eropa, Ini Langkah Mendapatkannya

Satelit Apstar 6 Siarkan Sepakbola Liga Top Eropa, Ini Langkah Mendapatkannya

- Advertisement -

Satelit Apstar 6 sekarang menjadi buruan banyak orang. Pasalnya, channel yang ada di Apstar 6 menyiarkan sepakbola liga top Eropa, mulai dari Liga Inggris sampai Spanyol secara free alias gratis.

Satelit ini adalah milik dari Kamboja, namun di Indonesia sendiri untuk me-lock atau mendapatkannya tidak lah sulit, karena sinyalnya hampir bisa dijangkau seluruh daerah di Tanah Air.

Adapun daftar channel di satelit Apstar 6 lebih dari 50. Namun, siaran televisi yang paling banyak dicari oleh para tracker parabola adalah CBS group, yakni channel CNC, CTN dan MyTV.

Karena, ketiga channel tersebut menyiarkan pertandingan sepakbola Liga Inggris dan Spanyol musim 2019-2020, secara FTA (free to air). Meski memang sering disensor, namun jenis acakannya yang bisskey ini bisa dibuka dengan kode.

Sebenarnya pertandingan sepakbola Liga Inggris bisa disaksikan di stasiun TVRI, namun untuk pengguna parabola harus gigit jari, karena disensor dengan menggunakan acakan jenis X-Crypt, yang sampai saat ini belum ada receiver yang membobol kode acakannya.

Selain itu, bisa juga disaksikan via parabola akan tetapi harus berlangganan alias tidak gratis, yakni via Mola TV dengan menggunakan receiver Matrix.

Sedangkan satelit lainnya yang menyiarkan sepakbola selain CBS Grup di satelit Apstar 6, adalah PPTV SD dan PPTV SD yang berada di Thaicom 5.

Satelit Thaicom 5 milik Thailand ini posisinya berada di garis bujur 78,5° E. Sehingga untuk mendapatkan satelit tersebut, posisi parabolanya miring ke sebelah barat.

Sementara jarak Thaicom 5 dengan Palapa D kurang lebih 13 cm hingga 20 cm. Akan tetapi itu tergantung dari besaran parabola.

Lantas bagaimana cara mendapatkan channel CBS Grup yang ada di satelit Apstar 6 ini? berikut ini langkah-langkahnya dan sudah dipraktekkan oleh HR Online.

Langkah Mendapatkan Satelit Apstar 6

Apstar 6 sendiri berada di posisi 134 ° E, sedangkan posisi parabola pada umumnya di Indonesia yakni satelit Palapa D berada di 113 ° E, dan Telkom 4 di 108,2 ° E. Jadi untuk mendapatkan CTN dan kawan-kawan ini harus merubah arah parabola.

Namun sebelum merubah posisi dari parabola, sebaiknya setting terlebih dahulu recievernya. Langkah pertama yakni tekan tombol menu pada reciever, lalu masuk ke instalasi dan buat daftar satelit. Nama satelit bebas bisa Apstar 6 atau lainnya.

Setelah itu, setting pengaturan LNB ke 5150. Langkah selanjurtnya adalah masukkan frekuensi atau transponder terkuat yang ada di satelit Apstar 6, antara lain bisa 4052 H 9628 (CBS Grup).

Jika sudah mensetting reciever, maka langkah selanjutnya adalah menggeser arah parabola. Namun sebelumnya, longgarkan terlebih dulu baut penyangga, lalu geser perlahan-lahan ke arah timur dari Palapa.

Adapun jarak antara Palapa dengan Apstar 6 adalah kurang lebih 10-15 cm. Ketika merubah atau menggeser parabola, sebaiknya sambil memantau layar monitor televisi untuk mengecek kualitas sinyal yang didapat.

Apabila sudah Apstar 6 sudah didapat, maka tinggal maksimalkan sinyal agar stabil dengan cara menggeser ke arah selatan atau utara. Setelah itu, lakukan scan otomatis atau blind scan di reciever parabola.

Langkah terakhir mendapatkan satelit Apstar 6 yaitu kembali mengencangkan baut penyangga, supaya sinyal tidak berubah-ubah atau tetap stabil. (Adi/R5/HR-Online)

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -