Sedekah Bumi di Kota Banjar Diisi dengan Khotmil Qur’an

sedekah bumi
Sedekah Bumi di Kota Banjar, Jawa Barat, Senin (10/9/2019). Foto: Sugeng/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),– Sebanyak 6.000 orang di Kecamatan Langensari, khusyuk membaca ayat suci Al-Qur’an di Alun-alun Langensari Kota Banjar, Jawa Barat, Senin (10/9/2019).

Ratusan tumpeng dibawa serta untuk melengkapi acara yang bertema Khotmil Qur’an dan Sedekah Bumi, merajut ukhuwah dan tasyakur bin ni’mat.

Kiai Muin Abdurrohim, Pengasuh Pesantren Al Azhar Citangkolo, dalam sambutannya mengatakan, sedekah Bumi adalah penghormatan kepada Bumi atau bersedekah kepada Bumi. 

“Sedekah Bumi adalah ungkapan rasa syukur kita kepada Allah SWT, ini merupakan ajaran dari salah satu anggota penyebar Islam di tanah Indonesia, Walisongo yaitu Sunan Kalijogo,” kata Kiai Muin. 

Sementara, Wali Kota Banjar, Ade Uu Sukaesih, mengatakan, Khotmil Qur’an atau menghatamkan Alqur’an merupakan program yang sejalan dengan visi Kota Banjar, yaitu ‘Dengan Iman dan Taqwa Kita Wujudkan Masyarakat Kota Banjar yang Agamis, Mandiri dan Sejahtera Menuju Banjar Agropolitan’.

“Kampung tadarus, merupakan wujud masyarakat Kota Banjar yang agamis, hendaknya warga Kota Banjar sebagai umat Islam membiasakan bertadarus ayat suci Al-Qur’an, khususnya selesai sholat Maghrib,” imbau Wali Kota Banjar.

Kemeriahan acara yang selesai ketika Adzan Maghrib dikumandangkan ini, ditutup dengan buka bersama sunah Puasa Asyura yang jatuh pada hari ini, Senin (10/09/2019). Mereka berbuka dengan tumpeng yang dibawa oleh masing-masing RT se-Kecamatan Langensari. 

Pada kesempatan tersebut, tampak hadir dr Herman Sutrisno, Ketua DPRD kota Banjar, Ketua DMI, ketua MUI, ketua Dewan Gereja, Dandim, Kapolsek, Danramil serta berbagai ormas se-Kecamatan Langensari. (Sugeng/R7/HR-Online)