Segudang Manfaat Rebusan Daun Salam yang Tersembunyi

manfaat rebusan daun salam

Manfaat rebusan daun salam ternyata sangat besar untuk menjaga kesehatan maupun untuk mengatasi penyakit. Manfaat rebusan daun yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan ini sudah lama dipercaya sebagai obat herbal yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Daun salam (Laurus nobilis) memang memiliki aroma yang sangat khas. Dalam dunia kuliner daun ini banyak dimanfaatkan untuk menyedapkan makanan daging dan jarang dipakai pada jenis masakan sayuran.

Sebelum manfaat rebusan daun salam kita bahas, baiknya kita cara tahu dulu bagaimana aroma dan rasanya. Perlu diketahui bahwa daun salam rasanya pedas dan agak pahit. Aroma dan rasa khas ini karena adanya beragam senyawa berkhasiat obat. Dalam daun salam terdapat 1,3 persen minyak esensial.

Dalam minyak esensial ini terdiri dari eucalyptol (45%),terpinyl asetat (8-12%), terpene lainnya (12%), metyleugenol (3%), seskuiterpen (3-4%), α- dan β- lainnya pinena, terpineol, phellandrene,geraniol, linalool, serta asam laurat.

Efek samping daun salam untuk kesehatan memang belum banyak yang dipublish ke umum. Karena itulah pemanfaatan daun ini untuk obat perlu dikonsultasikan dengan ahlinya.

Keistimewaan Senyawa dalam Rebusan Daun Salam

Manfaat rebusan daun salam karena kandungan senyawanya yang berkhasiat obat. Berikut ini beragam khasiat daun salam berdasarkan kandungan senyawanya.

Kandungan Antioksidan

Daun salam kaya dengan kandungan antioksidan dari vitamin C dan senyawa lain yang berguna untuk menangkal radikal bebas, meningkatkan imunitas tubuh, dan mengobati sejumlah jenis penyakit.

Senyawa Flavonoid

Senyawa flavonoid yang terdapat dalam daun salam berkhasiat untuk mengontrol dan menormalkan darah penderita hipertensi dan stroke. Air rebusan daun salam berguna untuk mencegah darah tinggi.

Asam Caffeic, Salisilat, Rutin, dan Fitonutrien

Empat senyawa ini juga diyakini berkhasiat dalam mencegah kanker, penyakit stroke, dan menjaga kesehatan jantung. Selain itu senyawa asam dalam daun salam banyak dimanfaatkan untuk mengusir serangga.

Manfaat Rebusan Daun Salam untuk Kesehatan

Selain manfaat rebusan daun salam berdasarkan kandungan senyawanya, herbal ini juga telah populer dimanfaatkan sejak lama untuk kesehatan. Berikut diantaranya.

Melancarkan Pencernaan

Daun salam juga memberikan efek pada sistem gastrointestinal sehingga mampu merangsang muntah saat kemasukan racun, menurunkan toksisitas, maupun merangsang buang air kecil sebagai diuretik.

Bahkan enzim dalam daun salam berkhasiat dalam melancarkan pencernaan dan meningkatkan efisiensi asupan nutrisi oleh tubuh.

Mengurangi Rasa Sakit

Manfaat rebusan daun salam juga berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit seperti akibat keseleo. Karenaekstrak dari minyak daun salam ternyata berkhasiat dalam mengurangi rasa sakit karena bersifat anti inflamasi. Karena itu bisa dimanfaatkan untuk penyakit arthritis atau nyeri keseleo.

Mengusir Kutu Rambut

Rambut berketombe, berkutu, atau rontok bisa diatasi dengan daun salam.  Rebus 50 gram daun salam dalam 400 ml air lalu saring dan guyurkan ke rambut. Biarkan 3 jam sebelum dibersihkan.

Mengatasi Rematik

Manfaat rebusan daun salam juga ampuh untuk mengatasi rematik. Caranya dengan merebus 10 lembar daun salam dalam 4 gelas air sampai mendidih. Lalu saring dan minum airnya.

Untuk Mengatasi Batuk

Untuk meredakan batuk anda juga bisa memanfaatkan rebusan daun salam. Caranya, rebus 2–3 lembar daun salam dalam air hingga mendidih. Setelah itu celupkan kain ke dalam rebusan untuk dikompreskan ke dada.

Mengatasi Diabetes

Untuk menurunkan kadar gula darah juga bisa dengan menggunakan daun salam. Anda bisa mengkonsumsi daun salam yang telah dijadikan bubuk selama beberapa minggu untuk melihat hasilnya.

Menyembuhkan Penyakit Ginjal

Daun salam juga bermanfaat membantu menyembuhkan penyakit ginjal. Unuk melakukannya anda harus merebus 5 gram daun salam dalam 200 ml air hingga mendidih. Lalu saring dan minum airnya dua kali sehari.

Itulah segudang manfaat rebusan daun salam yang tersembunyi yang sangat ampuh dalam mengatasi berbagai keluhan penyakit maupun menjaga kesehatan. Tinggal rebus saja daun salam dan minum airnya. (R8/HR-Online)