Simbol Bahan Kimia Berbahaya yang Wajib Diketahui Agar Selalu Aman

simbol bahan kimia
Ilustrasi simbol bahan kimia. Foto: Istimewa

Simbol bahan kimia berbahaya yang ada di laboratorium itu banyak sekali. Bahan kimia tersebut sifatnya beraneka ragam. Diantara sifat-sifat tersebut ada beberapa diantaranya yang bisa membahayakan kesehatan atau keselamatan para pekerja dan juga lingkungannya.

Agar dapat membedakan bahan kimia berbahaya dengan yang tidak berbahaya diperlukan sebuah simbol khusus yang sifatnya universal. Hal inilah yang mendasari dibuatnya peraturan mengenai simbol bahan kimia berbahaya.

Lewat peraturan tersebut, dibuatlah simbol-simbol yang bisa menandakan sifat bahaya dari bahan kimia. Simbol dan lambang ini harus diketahui supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Khususnya saat sedang berada di laboratorium yang didalamnya terdapat banyak bahan kimia dan benda berbahaya.

Simbol bahan kimia berbahaya atau piktogram biasanya menggambarkan sifat bahaya bahan yang dilabeli. Misalnya risiko kebakaran dan ledakan, atau resiko kesehatan dan keracunan, dan kombinasi dari keduanya.

Macam Macam Simbol Bahan Kimia Berbahaya

Biasanya piktogram memiliki latar belakang orange dengan garis batas dan juga gambar yang berwarna hitam. Gambar yang ada dalam piktogram biasanya menggambarkan sifat bahaya dari bahan yang sudah diberi label.

Di bawah ini adalah beberapa simbol dari bahan kimia berbahaya dengan penjelasan lengkapnya.

Toxic (Beracun)

Simbol toxic dilambangkan dengan tengkorak. Menunjukkan bahwa bahan ini merupakan bahan beracun. Keracunan yang dapat diakibatkan oleh bahan kimia tersebut dapat bersifat kronis dan akut. Bahkan bisa mengakibatkan kematian jika berada pada konsentrasi tinggi.

Keracunan yang dikarenakan oleh bahan dengan simbol toxic bukan cuma terjadi bila bahan masuk lewat mulut. Bahan juga dapat meracuni melalui proses pernapasan atau saat kontak dengan kulit.

Bahan kimia yang mempunyai sifat toxic atau racun seperti merkuri klorida dan arsen triklorida. Bila anda bekerja dengan berbagai macam bahan tersebut harus memperhatikan keselamatan diri anda. Hindarkan kontak langsung dengan menelan, kulit dan pakai selubung masker agar mencegah racun masuk lewat pernafasan.

Harmful Irritant (Bahaya Iritasi)

Sebenarnya simbol bahan kimia untuk Harmful Irritant (Bahaya Iritasi) terbagi dalam dua kode. Kode ini dilambangkan dengan simbol Silang (X) Kode tersebut adalah Xn dan Xi. Xn menunjukkan risiko kesehatan bila bahan masuk lewat pernafasan, lewat mulut dan kontak kulit.

Salah satu contoh bahan yang menggunakan kode Xn adalah Peridin. Sementara itu, untuk kode Xi seperti benzil klorida dan amonia. Frase R untuk bahan dengan kode Xn adalah R20, R21 dan juga R22. Sementara untuk kode Xiadalah R36, R37, R38 dan, R41.

Dangerous for Enviromental

Simbol pohon kering dan ikan mati ini merupakan simbol Dangerous for Enviromental. Bisa dibilang bahwa bahan kimia ini berbahaya bagi lingkungan. Bila melepas bahan ini ke lingkungan secara langsung seperti ke udara, tanah, mikroorganisme atau perairan bisa merusak ekosistem.

Ada berbagai macam contoh bahan yang menggunakan simbol ini seperti tetraklorometan, petroleum bensin, dan tributil timah klorida. Sementara itu frase R bagi bahan berbahaya untuk lingkungan adalah R50, R51, R52 dan juga R53.

Flammable (Mudah Terbakar)

Bahan kimia ini memiliki simbol berupa kobaran api. Bahan mudah terbakar sendiri terbagi dalam dua jenis. Pertama adalah highly flammable atau sangat mudah terbakar dan extremely flammable atau amat sangat mudah terbakar.

Salah satu bahan yang mempunyai label extremely flammable mempunyai titik nyala dengan suhu 0 derajat celcius. Sedangkan titik didihnya 35 derajat celcius. Bahan ini biasanya berupa gas yang ada pada suhu normal dan disimpan dengan tabung kedap udara yang bertekanan tinggi. Frase bagi bahan amat sangat mudah terbakar adalah R12.

Sementara itu untuk bahan dengan label highly flammable ini punya titik nyala dengan suhu 21 derajat celcius. Untuk di titik didihnya pada suhu tidak terbatas. Pengaruh kelembaban terbakar atau tidaknya bahan ini cukup besar.

Oleh sebab itu, umumnya mereka disimpan dengan kondisi kelembaban tinggi. Frase R untuk bahan yang sangat mudah terbakar ini adalah R11. Berbagai macam contoh bahan yang sifatnya flammable bisa diklasifikasikan seperti berikut ini.

Zat terbakar langsung seperti aluminium alkil fosfor. Untuk pencegahannya hindari kontak bahan dengan udara. Cairan mudah terbakar seperti benzene dan aseton. Kunci keamanan nya menjauhkan dari sumber api atau loncatan bunga api.

Saat anda tahu simbol bahan kimia berbahaya dan kunci keamanannya. Maka anda bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. (R9/HR-Online)