Smartphone Realme Q Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi dan Harganya

Smartphone Realme Q Resmi Dirilis
Smartphone Realme Q akhirnya resmi dirilis. Perangkat ini merupakan perwujudan Realme 5 Pro untuk pasar China. Photo : Net/Ist.

Smartphone Realme Q akhirnya resmi dirilis. Perangkat ini merupakan perwujudan Realme 5 Pro untuk pasar China. Sebelumnya, Realme 5 Pro sudah diluncurkan untuk pasar India.

Dirangkum HR Online dari berbagai sumber, Jum’at (06/09/2019), Smartphone Realme Q hadir dengan membawa 4 kamera belakang. Harganya dibandrol mula dari Rp 1,9 jutaan.

Desain

Desain smartphone realme Q dan realme 5 Pro. Photo : Net/Ist.

Dilihat secara fisik, Realme Q dan Realme 5 Pro nyaris tak ada perbedaan yang cukup mencolok. Misalnya di bagian punggung, kedua ponsel pintar ini sama-sama bertekstur berlian holografis dengan warna yang mencolok.

Selain itu, keduanya juga sama-sama menggunakan layar berukuran 6,3 inch dengan resolusi Full HD+, serta notch atau poni bermodel waterdrop di bagian tengah atas layarnya. Bagian layarya terlindungi Gorilla Glass 3+.

Kamera

Kamera smartphone realme Q. Photo : Net/Ist.

Beralih ke sektor kamera. Ada empat kamera belakang yang persis diletakkan di pojok kiri atas ponsel. Keempat kamera ini disusun secara vertikal dengan sebuah LED flash di sisi kanan jajaran kamera.

Untuk kamera utamanya menggunakan sensor Sony IMX586 dengan resolusi 48 MP dan aperture f/1.79. Kamera keduanya bersolusi 8 MP dengan lensa ultra-wide-angle 119 derajat.

Kemudian, ada pula kamera 2 MP dengan depth sensor, dan kamera keempat berukuran 2 MP untuk kebutuhan memotret makro. Keempat kamera belakang tersebut didukung oleh fitur stabilizer EIS guna membantu meredam goncangan ketika pengambilan video.

Selain modul kamera, di bagian punggung smartphone Realme Q juga sudah dilengkapi panel pemindai sidik jari konvensional.  Sedangkan, pada bagian depan ponsel terdapat kamera tunggal dengan ukuran 16 MP dan bukaan lensa f/2.0.

Dapur Pacu

Dapur pacu realme Q. Photo : Net/Ist.

Dapur pacunya menggunakan Snapdragon 712 dengan fabrikasi 10nm yang dipadukan dengan GPU Adreno 616, RAM 6 dan 8 GB, serta memori internal 64 hingga 128 GB.

Jika belum cukup, memori internal Smartphone Realme Q juga bisa diperluas hingga 256 GB dengan kartu microSD.

Perangkat ini menjalankan OS Andrid 9 Pie yang dilapisi antarmuka ColorOS 6, dan dibekali baterai 4.035 mAh dengan teknologi pengisian cepat VOOC 3.0.

Realme turut menyediakan koneksi 4G VoLTE, WIFi dan Bluetooth 5, port USB Type C, dan jack audio 3,5 mm. Selain itu, tersedia pula slot dual nano SIM Card dan microSD.

Harga

Smartphone Realme Q mulai dijual di China pada tanggal 9 September mendatang, dan hadir dengan dua pilihan warna, yakni Crystal Green dan Sparkling Blue.

Di negara asalnya, ponsel ini dibanderol 998 yuan  atau sekitar Rp 2 jutaan untuk model RAM 4/64 GB. Untuk model RAM 6/64 GB dijual 1.198 yuan atau sekitar Rp 2,3 jutaan, dan paling tinggi model RAM 8/128 GB, harganya 1.498 yuan atau Rp 2,9 jutaan. (Eva/R3/HR-Online)