Smartphone Realme X2 Resmi Dirilis, Ini Fitur Andalannya

Smartphone Realme X2 Resmi Dirilis, Ini Fitur Andalannya
Smartphone Realme X2 resmi dirilis 24 September 2019 yang hadir dengan membawa beberapa fitur andalan. Photo : Net/Ist.

Smartphone Realme X2 resmi dirilis 24 September 2019 yang hadir dengan membawa beberapa fitur andalan. Belum lama ini, realme, vendor ponsel asal China itu juga sudah memperkenalkan smartphone terbarunya di India, yakni Realme XT.

Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (26/09/2019), dilihat dari wujud dan spesifikasinya, Realme X2 bisa dibilang mirip dengan Realme XT, hanya sedikit perbedaannya yaitu daeri sektor kamera depan, dapur pacu, dan NFC yang disematkan pada X2.

Untuk layar yang dimiliki kedua smartphone realme terbaru itu memiliki ukuran yang sama, yani 6,4 inci FullHD+ berikut panel Super AMOLED. Di bagian dalam layar juga tertanam sensor sidik jari.

Sedangkan, layar bagian atasnya terdapat notch atau poni yang menyerupai tetesan air yang melindungi kamera depan. Namun, resolusi kamera depan yang disematkan pada samrtphone Realme X2 lebih besar, yaitu 32 MP, sementara kamera depan Realme XT 16 MP.

Kemudian, di bagian belakangnya, X2 juga membawa empat kamera yang masing-masing beresolusi 64 MP, 8 MP, 2 MP dan 2 MP. Selain itu, perangkat ini juga dibekali chip lebih tinggi dibanding Realme XT, yaitu Snapdragon 730G.

Smartphone Realme X2 punya dua pilihan kapasitas RAM dan penyimpanan yang lebih besar, yakni RAM 6GB dan 8GB dengan kapasitas penyimpanan 64GB dan 128GB. Keunggulan lainnya adalah fitur NFC. Meski sederhana, tapi keberadaan fitur NFC saat ini semakin dicari para pengguna.

Beralih ke dapur pacu, baik smartphone Realme X2 maupun Realme XT sama-sama berjalan dengan sistem Android 9.0 Pie, ColorOS 6, dan dibekali baterai berkapasitas 4.000 mAh. Bedanya, Realme X2 sudah dilengkapi fitur pengisian daya lebih cepat 30W yang diklaim mampu mengisi daya hingga 67 persen dalam 30 menit.

Untuk harganya, Smartphone Realme X2 RAM 6GB/64GB dibanderol seharga 1,599 Yuan atau setara Rp 3,1 juta, sedangkan versi RAM 8GB/256GB dijual seharga 1,899 Yuan atau setara dengan Rp 3,7 juta.

Realme XT Rilis di India 13 September 2019

Realme XT. Photo : Net/Ist.

Sebelumnya, realme telah meluncurkan Realme XT di India pada 13 September 2019. Perangkat ini menjadi setara dengan Realme 5 lantaran sama-sama dibekali kamera utama 64 MP.

Smartphone Realme XT juga dibekali layar AMOLED berbahan kaca dengan dengan desain yang menarik. Namun, untuk pengaturan quad-camera sama dengan Realme 5.

Realme seri XT ini merupakan kombinasi dari Realme 5 Pro yang memiliki layar Super AMOLED serta desain kaca yang tampak keren, dilengkapi poni yang menyerupai tetesan air untuk membungkus kamera selfie.

Selain itu, Realme XT juga dibekali chipset Snapdragon 712, sama seperti chip yang dimiliki Realme 5 Pro. Begitu pula pada pengaturan empat kameranya hampir serupa dengan 5 Pro, yang mana lensa primer memiliki resolusi yang tinggi, yakni 8MP, 2MP, dan 2MP.

Realme XT dibekali layar super AMOLED seluas 6,4 inci dengan bezel cukup tipis. Untuk membungkus kamera depan, perangkat ini lebih mengandalkan poni daripada modul pop-up seperti yang saat ini sedang tranding.

Untuk resolusi layarnya, perangkat ini memiliki 2340 x 1080 piksel dengan rasio 19,5:9. Selain itu, smartphone Realme XT juga dibekali pelindung layar Gorilla Glass 5 yang ditempatkan selama dalam proses pembuatannya. Dengan begitu maka Realme XT punya pelindung ganda.

Dari segi desain, ponsel pintar ini memiliki tampilan terbaik dari yang pernah dibuat oleh realme, dengan desain ramping tanpa komplikasi dan penampilannya yang tampak kokoh.

Yang menjadi kelemahannya mungki ada pada bingkai yang berbahan plastik yang didesain menyerupai logam bernuansa warna aluminium, dengan dimensi 158.7 x 75.2 x 8.6 mm dan berat ponsel 183 gram.

Untuk kamera belakangnya tersusun seperti halnya yang ada pada Realme 5 dan 5 Pro, yakni tersusun dari atas ke bawah dengan snapper ultrawide, dan macro shooter untuk kamera utama dan terakhir.

Smartphone Realme XT dibandrol harga 15.999 rupee untuk versi 4GB/64GB, atau sekitar Rp 3,1 jutaan, sedangkan RAM 6GB/64GB dijual dengan harga kisaran Rp 3,4 jutaan, dan 8GB/128GB dijual Rp 3,7 juta. (Eva/R3/HR-Online)