Spare Part Mobil Anda Asli atau Palsu? Begini Cara Mengenalinya

spare part mobil
Ilustrasi spare part. Foto: Istimewa

Spare part mobil merupakan salah satu barang yang terdiri dari berbagai macam komponen dan membentuk satu kesatuan yang memiliki fungsi tertentu. Tingginya penjualan kendaraan di negara Indonesia baik motor atau mobil ternyata juga berdampak buruk. Banyak dimanfaatkan beberapa pihak tak bertanggung jawab dalam menghadirkan spare part palsu.

Hal ini tentunya akan merugikan anda bukan hanya mengeluarkan uang untuk membeli barang dengan kualitas buruk. Tetapi membeli serta menggunakan spare part mobil palsu juga bisa membahayakan anda.

Spare part yang asli tentu akan dikeluarkan langsung oleh produsen atau rekanan yang mendukung pembuatan sparepart tersebut. Sementara untuk sparepart yang palsu sering disebut dengan istilah KW. Bahkan ada golongan KW1 dan KW2.

Cara Membedakan Spare Part Mobil Asli dan Palsu

Istilah KW merujuk pada barang yang bukan asli. Lantas bagaimana cara mudah untuk membedakan spare part mobil yang asli dan yang palsu? Dari pada anda bingung, kita akan bahas cara cara mudah berikut ini.

Cek Harganya

Cara pertama yang bisa dilakukan agar anda bisa membedakan spare part yang asli atau palsu yaitu dengan melihat harganya.

Spare part yang asli tentu punya harga yang lebih mahal dibandingkan dengan spare part palsu. Bahkan harganya bisa sampai dua kali lipat.

Oleh sebab itu, sebelum membeli pastikan anda cek harga pasaran sparepart. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi oknum penjual nakal yang menawarkan spare part palsu pada anda dengan menjual spare part dengan harga murah.

Bila sebelumnya anda sudah tahu berapa harga produk sparepart yang sedang anda inginkan. Anda tentu akan segera curiga saat ada oknum yang menawarkan dengan harga yang lebih rendah dari harga pasaran.

Bisa dipastikan itu adalah spare part gandengan. Terlebih lagi saat oknumnya menjual dengan harga murah tanpa promo atau potongan harga yang sedang berlaku.

Lihat Nomor Seri Spare Part

Selanjutnya agar anda bisa membedakan spare part mobil asli atau palsu bisa dilakukan dengan memperhatikan nomor seri di dalam spare part. Setiap spare part tentu mempunyai nomor seri.

Nomor seri ini bisa dipakai untuk membedakan mana yang asli dan yang palsu. Caranya lihat dan bandingkan nomor seri yang tercantum di dalam spare part dengan nomor seri di kantong produk resminya. Jika ada yang janggal dengan nomor serinya, anda patut waspada dan berpikir dua kali sebelum memutuskan membelinya.

Cek Bahan dan Spesifikasinya

Perhatikan bahan dan spesifikasi spare part yang ingin dibeli. Anda dapat mengetahui semua informasi bahan dan spesifikasi melalui katalog resmi atau website agen tunggal pemegang merek mobil anda.

Jika anda sudah tahu informasi bahan dan spesifikasinya, bandingkan secara langsung. Bila ada perbedaan informasi spesifikasi yang ada pada katalog atau website resmi dengan yang dijual, kemungkinan besar spare part palsu.

Lihat Kondisi Kemasan

Bila anda sudah periksa nomor seri barang yang anda inginkan. Anda juga harus membedakan spare part asli dan palsu dengan memeriksa kondisi kemasan spare part tersebut.

Kemasan spare part asli punya material yang lebih halus dan tebal. Di samping itu, kualitas kardus untuk kemasan spare part asli memiliki warna terang dan tidak kusam.

Bukan hanya itu saja, umumnya spare part yang asli punya label stiker hologram di bagian kemasannya. Anda harus memperhatikan label stiker spare part asli ini tidak akan mudah terlepas dan logonya dicetak dengan sangat jelas.

Cek Garansi

Secara umum spare part yang asli baik untuk mobil atau motor juga selalu diberikan fasilitas garansi. Umumnya garansi diberikan pihak yang memproduksi kendaraan. Sedangkan untuk jenis spare part palsu biasanya diberikan garansi toko.

Perlu anda ketahui bahwa tidak semua spare part asli punya garansi. Di bengkel umum misalnya, mereka tidak memberikan garansi untuk produk spare part yang dijual.

Hal ini karena mereka beranggapan memberikan garansi bisa menambah pekerjaan. Sekalipun pada kenyataannya sparepart yang dijual adalah spare part yang asli.

Oleh sebab itu, bila anda ingin dapat garansi spare part sebaiknya anda membeli spare part mobil di bengkel resmi. Umumnya bengkel resmi punya garansi panjang bagi para pelanggannya. (R9/HR-Online)