Spesifikasi HP Xiaomi Pocophone F1, Berikut Harga Terbaru

Spesifikasi HP Xiaomi Pocophone F1
Spesifikasi HP Xiaomi Pocophone F1. Foto : net/ist

Spesifikasi HP Xiaomi Pocophone F1 tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, ponsel yang diproduksi Agustus 2018, merupakan salah satu smartphone flagship dari Xiaomi dengan harga terjangkau.

HP Xiaomi ini hadir dan diperkenalkan di Indonesia pada Senin, (27/8/2018). Sebagai salah satu smartphone “unggulan”, tentu spesifikasi HP Xiaomi Pocophone F1 ini tidak sembarangan.

Seperti layar tanpa bezel dan lekukan. Takik atau notch mengakomodasi kamera inframerah dan iluminator IR untuk membuka kunci dengan pengenalan wajah.

Yang bertanggung jawab atas pemrosesan adalah chipset Qualcomm yang paling kuat Snapdragon 845, ditingkatkan pula dengan cairan pendingin. 

Ada juga dual-kamera di bagian belakang dengan piksel besar dan lensa cerah, sedangkan baterai 4.000 mAh besar bisa membantu daya semuanya, sehingga bisa mengoperasikan ponsel dengan lama.

Lantas seperti apa detail spesifikasi HP Xiaomi Pocophone F1 ini? Berikut ini ulasannya, yang HR Online rangkum dari GSM Arena.

Spesifikasi HP Xiaomi Pocophone F1

Smartphone buatan pabrikan asal China ini memiliki bentang layar dengan ukuran 6,18 inci. Untuk resolusi layarnya 1080 x 2246 piksel, aspek rasio 18.7:9.

Berbeda dengan Mi 8, yang memiliki layar OLED, Pocophone F1 menggunakan IPS LCD biasa. Namun tetap dibekali dengan anti gores yaitu Corning Gorilla Glass.

Pocophone F1 telah terbukti menjadi smartphone yang sangat baik dalam pengujian tampilan, dengan menampilkan kecerahan maksimum 461 nits. 

Selain itu, dikombinasikan dengan layar hitam pekat, sehingga memposting kontras yang sangat baik yaitu 1500: 1. Level kecerahan minimum 2.5nits sangat bagus.

Spesifikasi HP Xiaomi Pocophone F1 dari hal desain terbilang menarik. Bodinya terbuat dari plastik. Namun Xiaomi bisa membuatnya tampak cantik, hampir premium. 

Namun untuk edisi khusus yakni Pocophone F1 Armoured Edition, bahan pada bodinya yang dipakai adalah dilapisi dengan kevlar, besutan DuPont, brand asal Amerika Serikat.

Walaupun memiliki material bahan yang tidak sama, akan tetapi, Pocophone F1 Armoured Edition ini serupa dengan Pocophone F1 versi standar.

Yang membedakan adalah versi Armoured Edition ini mempunyai ketahanan bodi lebih baik, hal itu dikarenakan adanya material kevlar.

Sebagai informasi, bahwa bodi kevlar ini bisa memiliki daya tahan lima kami ketimbang material kaca ataupun metal.

Sementara dibagian bingkainya terbuat dari plastik, yang memiliki lapisan matte bagus, yang merupakan penguat pegangan yang bagus. Selain itu, seluruh kerangka tebal dan kokoh.

Sedangkan spesifikasi HP Xiaomi Pocophone F1 untuk ukuran dimensi secara kesuluruhan 155.5 x 75.3 x 8.8 mm, dengan berat 180 gram.

Performa Hardware

Salah satu tujuan utama Pocophone adalah menjadi Master of Speed. Untuk itu tidak salah spesifikasi HP Xiaomi Pocophone F1 pada bagian hardware terutama di bagian otaknya, mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 845.

Mengintegrasikan S845 SoC itu mudah, tetapi dalam hal membuatnya bekerja dengan baik tidak banyak. Itu dibuktikan dengan banyaknya ponsel yang melambat, setelah beberapa saat untuk mencegah panas dari bagian dalam. 

Namun, tampaknya Xiaomi serius dengan slogan itu. untuk itu, sebagai solusinya permasalahan di atas, maka diberi pendinginan canggih untuk Poco F1. 

Ada “pipa uap” di sepanjang permukaan chip paling penting di dalam F1. Saat prosesor menjadi panas, cairan di dalam ruang menguap dan bergerak ke ujung pipa yang lebih dingin. 

Ini bisa menjaga suhu tetap terkendali dan membantu ponsel memberikan tingkat kinerja yang berkelanjutan. Jadi, Pocophone dengan harga terjangkau, tetapi masih merupakan andalan yang tepat di dalam.

Selain itu, spesifikasi HP Xiaomi Pocophone F1 juga ditopang juga dengan CPU Octa-core (4×2.8 GHz Kryo 385 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 385 Silver) dan GPU atau grafis Adreno 630.

Bukan hanya itu saja, sebagai pendukung performa kinerja, Pocophone F1 juga dibekali dengan RAM berkapasitas 6 GB dan internal memori 128 GB. Atau pilihan lainnya, RAM 6 GB digabungkan ROM 64 GB dan RAM 8 GB/256 GB.

Ponsel pintar buatan Xiaomi ini juga bisa dipakai untuk bermain game, karena baterai berkapasitas 4.000 mAh yang bisa sampai 8 jam tanpa henti untuk bermain game, serta ditanamkan pendingin Liquid Technology, yang membuat otak tetap dingin.

Bagian Kamera

Tidak akan ada smartphone flagship yang tanpa dibekali minimal dual kamera di belakang. Dan tentu saja, pada spesifikasi HP Xiaomi Pocophone F1 ini memiliki kamera ganda, sensor utamanya sama dengan Mi 8.

Dual lensa pada HP Xiaomi Pocophone F1 masing-masing 12 MP serta 5 MP, dengan fitur Dual-LED flash. Kamera utamanya ini menggunakan sensor IMX363 Sony.

Sementara kamera depan atau selfie 20 MP. Smartphone ini juga sudah dibekali teknologi Artificial Intelligence (AI).

Spesifikasi HP Xiaomi Pocophone F1 pada sektor kamera bukan hanya untuk jeprat-jepret saja, melainkan juga bisa merekam video hingga 4K pada 60fps, tetapi hanya 1080p / 30fps. Untuk bitrate video hanya sedikit 42Mbps dalam 4K, dan 20Mbps dalam 1080p.

Sementara audio direkam dalam stereo dengan bit rate 192Kbps. Saat itulah menggunakan codec h.264, meskipun ada opsi untuk beralih ke h.265 yang lebih efisien.

Hasil dari video 4K dan 1080p terbilang tajam, sangat terperinci, dan dengan kontras yang sangat baik. Rendition warnanya cerah. Rentang dinamis sama mengesankannya dengan gambar foto.

Harga HP Xiaomi Pocophone F1

Spesifikasi HP Xiaomi Pocophone F1 lainnya, OS berbasis Android 8.1 Oreo dan sudah menjalankan MIUI 9.6, rear fingerprint sensor, Fast battery charging 9V/2A (Quick Charge 3.0), 4G LTE, Wi-Fi 802.11, bluetooth 5.0, A2DP, LE, aptX HD.

Sementara spesifikasi HP Xiaomi Pocophone F1 untuk warna, yang tersedia antara lain Steel Blue, Graphite Black, Rosso Red, serta Armoured Edition.

Sedangkan untuk harganya, versi RAM 6 GB dengan penyimpanan internal 64 GB saat ini dibanderol kisaran Rp 4,5 jutaan. Varian RAM 6 GB/128 GB dibanderol Rp 4,9 jutaan. Sedangkan versi Klevar dijual seharga Rp 5,2 jutaan.

Jika melihat spesifikasi HP Xiaomi Pocophone F1 seperti yang diulas di atas, maka dengan harga segitu bisa dikatakan sangat layak untuk memilikinya. (Adi/R5/HR-Online)