Stang Motor Tiba-tiba Goyang, Coba Cek Bagian Ini

Stang Motor Tiba-tiba Goyang
Ilustrasi Stang Motor Tiba-tiba Goyang. Foto : net/ist

Stang motor tiba-tiba goyang pasti akan membuat kaget si pengendara, sehingga bisa membahayakan yang akibatnya terjadi kecelakaan. Selain itu, stang motor yang tidak stabil ini juga tidak membuat nyaman saat dikendarai.

Motor yang tiba-tiba oleng saat dikendarai ini biasanya ketika melintasi garis pembatas (putus-putus) yang berada di tengah jalan. Atau bisa saja saat melintasi jalan dengan aspal yang bergelombang.

Mungkin, jika untuk yang pertama kalinya tidak merasa ada sesuatu yang bermasalah, akan tetapi jika terus menerus merasakan seperti itu. Pasti ada komponen atau bagian sepeda motor yang tidak baik.

Memang stang motor tiba-tiba goyang ini sering dirasakan oleh sebagian pengendara. Meski begitu sebaiknya masalah seperti itu jangan dianggap entang, karena selain tidak nyaman juga bisa berakibat fatal bagi yang memakainya.

Untuk orang awam tentang masalah motor tentu ketika dilihat di luar seperti tidakada yang menjadi masalah, atau bisa dikatakan baik-baik saja. Namun untuk yang paham akan motor bisa menebak komponen atau bagian motor apa saja yang menyebabkan menjadi oleng secara tiba-tiba.

Nah, berikut ini bagian komponen yang membuat atau menyebabkan stang motor tiba-tiba goyang.

Penyebab Stang Motor Tiba-tiba Goyang

1. Ban Luar

Bagian dari sepeda motor yang mempunyai peranan penting untuk masalah ini adalah ban. Pasalnya, ban luar ini menyentuh langsung dengan jalan atau aspal.

Sedangkan untuk memeriksa bagian ban luar tidak lah sulit, karena fisiknya terlihat dengan jelas. Stang motor tiba-tiba goyang bisa disebabkan karena kondisi ban yang sudah tidak presisi atau prima.

Bentuk ban luar yang tidak presisi ini terlihat motif atau ulir ban yang telah habis, kemungkin juga bisa karena adanya benjolan pada ban luar tersebut.

Selain itu, stang motor tiba-tiba goyang saat dikendarai bisa juga disebabkan karena kondisi ban luar yang sudah retak, robek atau bisa juga bolong. Dan jangan disepelekan tekanan angin yang kurang juga bisa menjadi masalah.

Masalah sepele lainnya adalah pemasangan ban yang salah. Apabila rotasi ban luar itu terbalik, maka akan membuat tidak nyaman saat mengendarai, dan membuat ulir atau motif ban tersebut menjadi cepat aus.

Jika memang stang motor tiba-tiba goyang bersumber dari ban luar, maka sebaiknya segera diganti dengan yang baru. Sehingga, saat berkendara menjadi nyaman dan aman di jalan.

2. Velg bengkok

Kondisi velg yang peyang atau bengkok dapat menjadi masalah stang motor tiba-tiba goyang. Sedangkan untuk mendeteksi kondisi velg tersebut apakah peyang atau masih bagus lumayan sulit.

Namun untuk pemula bisa melakukan pengecekan dengan cara sepeda motor itu disangga menggunakan standar ganda.

Setelah itu, roda motor itu diputar bebas arahnya, dan saat velg memutar perhatikan baik-baik apakah putarannya rapi atau tidak. Apabila putarannya tidak rapi atau presisi seperti bergelombang, dapat dipastikan velg motornya mengalami masalah.

Solusi untuk mengatasi velg yang tidak presisi ini harus dilakukan setel velg ke bengkel khusus. Dengan velg yang presisi, maka Anda tidak akan mengalami stang motor tiba-tiba goyang ketika dikendarai.

Masalah Lainnya

Selain masalah di atas yang bikin stang motor tiba-tiba goyang ketika dikendarai, bisa juga disebabkan karena bearing atau laher roda yang sudah tidak berfungsi dengan baik.

Jika dua komponen sepeda motor yang di atas bisa diperiksa fisiknya di luar, namun untuk laher roda ini harus dibongkar. Akan tetapi, untuk yang ahli pasti akan ketahuan apakah bearing masih bagus atau tidak dengan cara memutar roda motor, dan rodanya terasa goyang serta mengeluarkan suara.

Ternyata, bagian laher roda ini merupakan penyebab yang paling sering dari stang motor tiba-tiba oleng.

Apabila pada ban luar tekanan anginnya tidak kurang, serta baut rodanya kecang, namun sepeda motor terasa oleng saat dikendarai, maka bisa bisa dipastikan bearing lah yang menjadi sumber masalahnya.

Kerusakan yang paling sering terjadi pada laher adalah akibat menghantam lobang lumayan dalam dan cukup keras menghajarnya. Akibatnya hantaman tersebut membuat bearing menjadi retak.

Apabila sudah ketahuan laher menjadi penyebab utama stang motor tiba-tiba goyang, maka sebaiknya langsung diganti dengan yang baru. (Adi/R5/HR-Online)