Tanda Kampas Kopling Mobil Habis dan Ancaman Bahayanya

Tanda Kampas Kopling Mobil Habis
Kampas kopling mobil. Foto: Istimewa

Tanda kampas kopling mobil habis harus dikenali sejak awal agar tidak membahayakan diri sendiri maupun penumpang. Bahkan bahaya kampas kopling mobil habis juga bisa berdampak pada pengendara lain.

Kampas kopling atau yang dikenal dengan sebutan clutch dis itu sendiri adalah piringan yang berperan penting dalam sistem pemindah daya.

Adanya kampas kopling bisa memudahkan mobil dalam menyalurkan tenaga dari mesin ke transmisi. Dengan demikian, mobil bisa digunakan untuk menempuh perjalanan secara aman dan nyaman.

Adapun hal yang paling sering dialami kamplas koping yaitu aus dan terbakar. Masalah ini disebabkan karena cara penggunaan yang salah dan tetap dilakukan dalam jangka lama.

Perlu untuk anda pahami bahwa kesalahan dalam penggunaannya dapat menyebabkan kampas kopling gosong. Jika tetap ingin selamat dalam berkendara, anda mau tak mau harus menggantinya dengan kampas kopling yang baru.

Tanda Kampas Kopling Mobil Habis

Berikut adalah beberapa ciri kampas kopling mobil habis yang sebaiknya anda perhatikan secara detail.

Akselerasi Lemah

Akselerasi yang lemah menjadi salah satu pertanda bahwa kampas kopling mobil anda sudah habis. Hal ini bisa dirasakan saat anda menginjak pedal gasnya. Bukannya melaju, mobil anda justru hanya akan meraung keras.

Tentu saja hal ini akan sangat membahayakan jika mobil tengah melaju di jalanan yang menanjak. Kondisi ini juga bisa membahayakan kendaraan yang ada di belakangnya.

Bau Gosong

Selain memiliki akselerasi yang lemah, tanda kampas kopling mobil habis lainnya yaitu munculnya bau gosong. Kampas kopling yang hangus tentu saja membuat kabin penuh dengan bau gosong.

Bau gosong ini akan semakin kuat tercium saat mobil melewati jalanan yang menanjak dan curam. Bau gosong ini sendiri disebabkan oleh gesekan yang terus terjadi pada kampas kopling sehingga lama kelamaan akan menimbulkan bau gosong.

Putaran Mesin Tinggi

Putaran mesin yang tinggi patut anda waspadai karena termasuk indikasi kampas kopling mobil yang habis. Perlu dipahami bahwa akselerasi lemah dan permukaan kampas yang licin menjadi penyebab hal tersebut.

Putaran mesin yang tidak semestinya juga bisa membuat suhu mesin mobil menjadi tinggi. Anda pastinya tak akan merasa nyaman dan tenang saat mengendarai mobil yang kondisinya seperti ini.

Pindah Gigi Terasa Keras

Tanda kampas kopling mobil habis lainnya yaitu terasa keras saat pindah gigi. Sulitnya pindah gigi ini dikarenakan gigi transmisinya yang terus berputar.

Saat mobil dalam kondisi netral pun, gigi transmisinya juga terasa sulit tersambung. Hal ini dikarenakan putarannya yang tak sesuai.

Selip Kopling

Kampas kopling yang habis juga bisa ditandai dengan selip kopling. Wajar saja karena kampas kopling mobil anda sudah tak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Selip kopling ini tentu saja sangat mengganggu saat berkendara. Bahkan anda bisa kaget ketika baru pertama kali mengalaminya.

Jarak Injak Pedal Kopling Jadi Lebih Pendek

Tipisnya kampas kopling menyebabkan jarak injak pedal kopling menjadi lebih pendek jika dibandingkan dengan biasanya. Tanda kampas kopling mobil habis yang satu ini tak terlalu jauh diukur dari lantai mobil.

Jika kampas kopling normal, setelah anda menginjak pedal kopling dan memasukkan gigi transmisinya, maka mobil akan langsung berjalan ketika anda melepaskan pedalnya secara perlahan.

Bahaya Kampas Kopling Mobil Habis

Setelah anda memahami tanda kampas kopling mobil habis, ada baiknya jika anda juga tahu perihal bahayanya. Adapun salah satu bahaya yang ditimbulkan dari kampas kopling mobil yang habis yaitu mobil tak bertenaga.

Dalam hal ini, anda harus ekstra waspada saat di lampu merah, menyalip dan melewati jalanan yang menanjak. Saat di lampu merah, angkatan akan menjadi lebih berat sehingga anda harus bersiap dengan hal tersebut.

Kemudian saat menyalip, anda harus memperhitungkan kondisi mobil dengan peluang mendahului kendaraan lain. Jangan menyalip jika nyatanya banyak kendaraan dari arah berlawanan.

Sementara saat menanjak, ada baiknya anda memilih jalanan yang medannya tak terlalu curam. Pastikan juga kondisi di belakang kendaraan anda aman.

Tanda kampas kopling mobil habis harus segera dikenali agar langsung bisa diganti. Jika tidak, maka anda bisa merasakan sendiri dampaknya. Akan sangat merepotkan jikalau mobil anda tiba-tiba macet di tengah jalan.