TapTalk.io Luncurkan Chat Engine Terlengkap Pertama di Indonesia

TapTalk.io
TapTalk.io meluncurkan layanan chat Software Development Kit (SDK), yang memudahkan developer menambahkan fitur chat pada mobile app maupun website. Foto: TapTalk.io

TapTalk.io barangkali perusahaan IT pertama di Indonesia yang memberikan layanan chat Software Development Kit (SDK), yakni sebuah chat engine yang memudahkan developer menambahkan fitur chat pada mobile app maupun website.

Tak tanggung-tanggung TapTalk.io juga menyediakan white-label chat SDK lengkap dengan interface.

Ceo TapTalk.io, Ritchie Nathaniel, mengatakan, keberadaan TapTalk merupakan upaya untuk membantu developer dalam mengembangkan sistem komunikasi di aplikasi mobile atau webnya.

“Aspek paling mendasar dari kehidupan manusia adalah kemampuannya dalam berkomunikasi, hadirnya komunikasi sangat penting untuk setiap aspek kehidupan, bahkan dunia digital,” ujar Nathaniel dalam press realease yang diterima HR Onlie, awal September 2019 lalu.

Selama ini, mobile app dan website banyak dikembangkan lengkap dengan fitur chat. Untuk mengintegrasikan chat dalam suatu aplikasi maupun web tentu tidak mudah, lantaran memakan waktu juga biaya yang tidak sedikit.

Keberadaan TapTalk.io yang hadir dengan layanan lengkap dalam chat engine-nya, akan membantu perusaahaan agar tidak perlu mengatur dan maintenance server sendiri.

Sementara chat SDK dapat membantu developer untuk mengintegrasikannya dalam sebuah mobile app.

“Di Indonesia, belum ada perusahaan yang menawarkan chat SDK dan engine yang komplit dengan interface. Interface ini bisa dikostumisasi sesuai keinginan pengguna,” lanjut Nathaniel.

Sementara Tim TapTalk.io sendiri menegaskan, chat SDK dari timnya dapat diintegrasikan dengan mudah.

Termasuk solusi atas protokol komunikasi pada front end, manajemen cache lokal, dan juga integrasi antara framework dan user interface juga telah disiapkan.

Jika developer telah memiliki user interface sendiri, maka TapTalk.io menyediakan core library untuk bisa diintegrasikan.

Saat ini, white-label chat SDK yang dipakai oleh perusahaan teknologi di Indonesia, umumnya tidak menyediakan interface.

Selain dibuat oleh anak negeri, TapTalk.io juga dapat membantu mengembangkan industri teknologi dengan lebih pesat dengan menawarkan layanan yang lebih terjangkau dan bisa dikostumisasi.

TapTalk.io sendiri merupakan perusahaan startup yang didirikan oleh Ritchie Nathaniel, seorang enterpreneur muda bersama timnya.

“Kami mengerti kalau komunikasi sangatlah penting, karena budaya manusia tidak pernah bisa dipisahkan dari komunikasi, seiring berkembangnya teknologi dan dunia digital, lahirlah media baru untuk berkomunikasi, untuk mengakomodasi perkembangan tersebut, maka kami membuat TapTalk.io,” kata Nathaniel. (Ndu/R7/HR-Online)