Tempat Wisata di Kalimantan Timur yang Wajib Dikunjungi Para Traveler

Tempat Wisata di Kalimantan Timur
Ilustrasi wisata di Kalimantan Timur. Foto: Istimewa

Daftar tempat wisata di Kalimantan Timur bisa menjadi referensi yang tepat untuk liburan yang akan datang. Tak sedikit tempat wisata di calon ibukota baru Indonesia ini yang memiliki pesona alam yang indah dan menawan.

Jika nanti sudah resmi menjadi ibukota baru, pasti akan lebih banyak wisatawan yang datang. Pastikan kamu mengunjungi tempat wisata yang disebutkan di bawah ini saat ke sana nanti.

Daftar Tempat Wisata di Kalimantan Timur 

Danau Jempang

Salah satu daerah yang wajib dikunjungi saat menjelajahi Kalimantan Timur adalah daerah Kabupaten Kutai Barat. Salah satu tempat wisata yang paling terkenal di wilayah ini adalah Danau Jempang. Danau ini juga menjadi tempat wisata di Kalimantan Timur yang banyak dikunjungi oleh wisatawan karena keunikannya.

Wisatawan berkesempatan menikmati keindahan danau terbesar di sepanjang tepian alur Sungai Mahakam. Jika sedang penuh, maka kedalaman air di danau ini bisa mencapai 7 hingga 8 meter. Pemandangan danau saat airnya penuh sangat indah dan cocok untuk selfie.

Tidak hanya itu saja, Danau Jempang juga menawarkan fenomena unik yang bakal membuat kamu penasaran yaitu fenomena danau yang mengering. Ya! Danau Jempang yang penuh dengan air itu akan mengering tanpa air setetes pun setiap 5 tahun sekali.

Danau pun akan berubah layaknya gurun pasir. Pemandangannya juga tidak kalah indah. Bayangkan jika kamu bisa berselfie saat air penuh dan saat kering, pasti sangat menarik, bukan?  

Batu Dinding

Tidak hanya Cina yang memiliki tembok raksasa. Rupanya, Kalimantan Timur juga memiliki tembok raksasa bernama Batu Dinding. Batu Dinding merupakan tempat wisata di Kalimantan Timur yang berlokasi di Kabupaten Kutai Kertanegara. Tembok tersebut merupakan tembok alami yang terbentuk dari gugusan batu kapur putih.

Panjang dinding ini sekitar lebih dari 800 meter dengan ketinggian sekitar 100 hingga 200 meter. Posisinya membentang membatasi Sungai Mahakam Ulu. Kamu juga harus mengunjungi Batu Dinding karena pemandangannya yang indah, khususnya hamparan hutan.

Kamu bisa berselfie dan memposting foto tersebut di akun Instagram. Kamu juga berkesempatan bertemu dengan penduduk asli Kalimantan yang mendiami pesisir Sungai Mahakam hingga sekarang.

Lembah Hijau

Kalau kamu sangat suka dengan alam, maka jangan sampai melewatkan pengalaman mengunjungi Lembah Hijau. Lokasi tempat wisata di Kalimantan Timur ini berada di ibu kota provinsinya yaitu Samarinda. Di tempat ini, kamu bisa belajar dari replika hutan termasuk mempelajari berbagai jenis kayu.

Kamu bisa membawa pancing kalau hobi memancing karena salah satu tempat wisata di Kalimantan Timur ini memiliki kolam pemancingan. Untuk kamu yang ingin bersantai langsung saja nikmati sajian di kafetaria sambil duduk di pendopo. Ingin menikmati area Lembah Hijau lebih lama? Jangan khawatir, tempat ini juga memiliki camping ground dengan berbagai fasilitas seperti flying fox, waterboom, dan jaring panjat.

Bukit Bingkirai

Tempat lain yang menyuguhkan keindahan hutan Kalimantan adalah Bukit Bingkirai. Wilayah bukit ini adalah hutan hujan tropis yang tertelak di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kecamatan Samboja. Siapkan tenagamu karena kamu akan menjelajahi hutan hujan tropis seluas 1.500 hektar. Udara di sekitar Bukit Bingkirai sangat sejuk.

Sangat cocok untuk kamu yang ingin melepas penat dan melarikan diri sejenak dari aktivitas yang sangat padat. Terdapat beberap spesies tumbuhan di hutan ini seperti anggrek hutan liar, buah-buahan tropis, dan pohon Bangkirai. Pohon Bangkirai menjadi salah satu daya tarik tempat wisata di Kalimantan Timur karena pohon ini sudah berusia lebih dari 150 tahun namun tetap kokoh.

Hingga saat ini, tinggi pohon ini mencapai 50 meter. Selain itu, ada pula jembatan dengan panjang 64 meter di ketinggian 30 meter. Desain jembatan ini sangat unik dan menjadi jembatan kanopi pertama di Indonesia dan kedua di Asia serta kedelapan di dunia.

Nah, sepertinya tidak salah jika Kalimantan Timur dijadikan ibukota negara Indonesia yang baru serta menjadi pusat pemerintahan. Kalimantan Timur memang sangat indah dengan udara yang sangat sejuk.

Tentu saja, ada banyak tempat wisata di Kalimantan Timur yang bisa kamu kunjungi. Jadi, kamu tertarik mengunjungi calon ibukota baru Indonesia ini? (R10/HR-Online)