Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita TerbaruTidur Siang Bukan Hanya Mengusir Kantuk, Tapi Memiliki Segudang Manfaat

Tidur Siang Bukan Hanya Mengusir Kantuk, Tapi Memiliki Segudang Manfaat

Berapa kali dalam seminggu Anda melakukan tidur siang? Jika dalam satu minggu tersebut tidak pernah “bobok” di siang hari, mulai sekarang sebaiknya diusahakan untuk melakukan hal tersebut.

Pasalnya, bukan hanya memejamkan mata saja, namun dibalik dari tidur di waktu siang ini ternyata ada manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Jadi manfaat tidur bukan hanya untuk waktu malam hari saja.

Akan tetapi masalahnya adalah untuk yang pekerja atau pegawai sangat sulit melakukan tidur siang. Hal tersebut karena waktu istirahat yang hanya kurang lebih 1 jam saja.

Namun tidak perlu risau, karena manfaat dari tidur yang dilakukan di siang hari tidak memerlukan waktu yang lama, hanya membutuhkan kurang lebih 20 menit saja sudah cukup membuat badan menjadi sehat serta memperpanjang umur Anda.

Sementara untuk tidur yang kurang bisa memicu beberapa penyakit, seperti darah tinggi, obesitas, jantung, stroke, diabetes sampai stres atau tekanan mental.

Sedangkan mengutip dari Time belum lama ini, tidur di waktu siang dalam waktu yang sedang dapat mengurangi stres, serta “membalas” waktu tidur yang di malam harinya tidak cukup atau kurang.

Manfaat Tidur Siang Hari

1. Menurunkan Darah Tinggi

Seperti diulas di atas bahwa kurangnya waktu tidur dapat memicu penyakit seperti tekanan darah tinggi.

Sementara menurut Manolis Kallistratos, seorang ahli jantung dari RSU Asklepieion Yunani, tidur siang bisa menekan tekanan darah sebanding dengan merubah pola hidup.

Bahkan, beberapa peneliti menemukan kalau ketika tidur di malam hari bisa menurunkan tekanan darah dengan rata-ratanya 3 mmHg. Sedangkan saat bobok siang tekanan darahnya bisa turun yang rata-ratanya 5 mmHg.

Untuk bahan perbandingan, saat Anda meminum dosis rendah dari obat tekanan darah, bisa menekan tekanan darah 5-7 mmHg.

2. Membuat Langsing

Tidak sedikit yang berpendapat bahwa tidur siang bisa membuat badan menjadi gemuk. Padahal pendapat seperti itu belum ada penelitian yang mengungkapkan hubungannya dengan badan menjadi gemuk.

Melansir dari HealthMad,tidur yang dilakukan pada waktu siang hari boleh ilakukan asalkan jangan terlalu lama atau tidak boleh lebih dari setengah jam.

Pasalnya, jika dilakukan dengan durasi yang tidak sebentar bisa mengakibatkan terus dihinggapi rasa kantung sepanjang hari. Sehingga badan menjadi sangat sulit untuk digerakkan, dan akhirnya kalori dalam tubuh menjadi tidak terbakar.

Manfaat dari bobok pada siang hari ini bisa membantu memperlancar sistem pencernaan untuk memperoleh suplay darah yang cukup, ketimbang ketika melakukan aktivitas.

Selain itu, dengan waktu tidak lebih dari 30 menit ini bisa menjaga kadar hormon kortisol atau stres, jadi ketika bangun tidur pikiran tetap fresh. Sehingga dengan tingkatan stres yang tidak tinggi ini justru membuat menghambat naiknya berat badan.

Asalkan, jangan dilakukan setelah selesai makan siang, akan tetapi disarankan untuk menunggunya antara 1 sampai 2 jam. Jika langsung tidur sesudah makan, maka bisa mengakibatkan adanya gangguan pada sistem pencernaan.

Manfaat Lainnya

3. Jantung menjadi Sehat

Sebuah jurnal kesehatan, Heart, mempublikasikan hasil penelitian yang dilakukan di Swiss terhadap kurang lebih 3500 orang dewasa, untuk mengamati kebiasaan tidurnya.

Hasil dari penelitian tersebut mengungkapkan bawah bobok siang yang dilakukan oleh mereka dalam 1-2 kali setiap minggunya, mempunyai resiko yang sangat rendah untuk terkena penyakit jantung serta stroke, ketimbang yang tak melakukan hal tersebut.

Para peneliti itu mengungkapkan, untuk tidur yang dilakukan pada siang hari ini dapat menjadi pengganti bagi yang pada malam hari tidurnya tidak cukup atau masih kurang. Sehingga dengan begitu bisa membantu mengatasi stres sampai menjaga kesehatan jantung.

4. Lebih Fokus dan Segar

Sementara itu, penelitian yang dilakukan di Spanyol mengungkapkan, bahwa bobok siang yang dilakukan dalam durasi 60 sampai 90 menit mempunyai khasiat yang bisa membuat badan menjadi segar, seperti tidur malam hari.

Selain itu, manfaat lainnya dari tidur siang adalah bisa membuat otak lebih fokus serta meningkatkan memori atau daya ingat. (Adi/R5/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img