Tingkatkan Kapasitas, Karang Taruna Kecamatan Cijeungjing Ciamis Gelar Kemah Pemuda

Karang Taruna Kecamatan Cijeungjing Ciamis
Karang Taruna Kecamatan Cijeungjing saat menggelar kemah pemuda Karang Taruna se-Kecamatan, Sabtu (7/9/2019). Foto: Jujang/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Dalam upaya meningkatkan kapasitas kader Karang Taruna desa, Karang Taruna Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat menggelar kegiatan kemah pemuda Sabtu-Minggu (7-8/9/2019) di situs Gunung Susuru, Desa Kertabumi.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Cijeungjing Koko Koswara, mengatakan, kegiatan kemah pemuda tersebut salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas para pengurus Karang Taruna Desa se-Kecamatan Cijeungjing. 

Kata dia, kecamatan Cijeungjing terdiri dari 11 Desa yang berarti memiliki 11 Karang Taruna desa. Masing-masing Karang Taruna Desa diwakili oleh 10 orang pengurus. 

“Acara kemah pemuda ini kurang lebih diikuti 150 orang, terdiri dari para pengurus Karang Taruna desa dan Karangtaruna Kecamatan Cijeungjing,” ujar Koko Koswara.

Kata Koko, kegiatan kemah pemuda bagi pengurus Karang Taruna desa ini baru yang pertama kalinya di Kabupaten Ciamis.

“Selain bermalam dalam tenda, para peserta juga mengikuti saresehan dari sejumlah pemateri mulai dari tentang keorganisasian oleh karang taruna Kabupaten Ciamis, kesehatan oleh Puskesmas Cijeungjing dan materi usaha dari Forum Bumdes Ciamis,” ucapnya.

Kata dia, kemah pemuda sengaja digelar di situs Gunung Susuru sebagai upaya mengenalkan alam kepada para pemuda, serta mengenalkan destinasi wisata Gunung Susuru sebagai salah satu objek wisata yang ada di Kecamatan Cijeungjing. 

“Kita ingin setelah kegiatan kemah pemuda ini, para pengurus Karang Taruna desa bisa menggali potensi di masing masing desanya, dalam upaya peningkatan pemberdayaan masyarakat di berbagai bidang,” jelasnya.

Koko juga mengatakan, kemah pemuda ini akan menjadi agenda rutin Karang Taruna Kecamatan Cijeungjing, sehingga sinergitas dan kekompakan para pemuda di bawah naungan Karang Taruna terus meningkat. 

Sementara itu, Sekretaris Karang Taruna Kabupaten Ciamis, Ega Anggara Al Kautsar, dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan kemah pemuda yang digagas Karang Taruna Kecamatan Cijeungjing.

“Ini kegiatan positif, tentu agar para pemuda di bawah naungan Karang Taruna bisa lebih paham tentang peran dan fungsi organisasi Karang Taruna,” ucapnya.

Selain itu kata dia, lewat kemah pemuda ini diharapkan para pemuda bisa belajar tentang alam dan lebih paham arti tenggang rasa dan kekompakan.

Camat Cijeungjing Drs Deni Trisnawan pun mengapresiasi kegiatan kemah pemuda ini.

“Kemah pemuda ini tentu menjadi wadah untuk menyatukan Karang Taruna Desa se-Kecamatan Cijeungjing,” ujarnya.

Kata dia, pemuda sebagai generasi penerus bangsa paling tidak harus bisa memimpin diri sendiri dulu.

“Sehingga jika sudah bisa memimpin diri sendiri, maka dalam berorganisasi akan lebih bijaksana dan mengedepankan musyawarah mufakat,” katanya. (Jujang/R7/HR-Online)