Senin, Oktober 25, 2021
BerandaBerita CiamisTingkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Berolahraga, SP3OR Gelar Minggu Gerak di Ciamis

Tingkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Berolahraga, SP3OR Gelar Minggu Gerak di Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat dalam berolahraga, Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Barat melalui Sarjana Pendamping Penggerak Pembangunan Olahraga (SP3OR) Provinsi Jawa Barat menggelar kegiatan Minggu Gerak (Gurak) di lapang sepakbola Desa Karyamulya, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Minggu (1/9/2019).

Bekerjasama dengan Bank BJB dan Dinas Pemuda dan Olahraga Ciamis, berbagai kegiatan dilaksanakan mulai dari senam bersama dan jalan sehat yang diikuti sekitar 1.500 warga se-Kecamatan Cisaga.

Puluhan hadiah disediakan panitia, seperti 5 buah sepeda, setrika, Magicom, dispenser, televisi dan puluhan doorprize lainnya.

Ketua panitia pelaksana, Asep Janu Purnama S.Pd, mengatakan, kegiatan Gurak ini merupakan program pemerintah Jawa Barat dalam upaya memotivasi, menfasilitasi serta mengajak masyarakat untuk olahraga.

“Lewat Gurak ini, kita berikan motivasi agar masyarakat bisa berperan aktif dalam olahraga dan menjadikanya sebagai kebutuhan agar bisa hidup sehat,” ujarnya.

Kata dia, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berolahraga, diperlukan upaya yang sistematis dan terencana dalam pembinaan dan pengembangan olahraga di masyarakat, salah satunya dengan mengadakan program yang menjadikan masyarakat bisa berperan aktif dan berpartisipasi di dalamnya.

Menurutnya, kegiatan Gurak ini sudah yang kelima kalinya dilaksanakan di Ciamis. Diharapkan kegiatan Gurak menjadi salah satu pemicu bagi masyarakat Jawa Barat untuk menjadi lebih tertarik dalam melakukan kegiatan olahraga dan menjadikan olahraga sebagai kebutuhan hidup.

“Sehingga pada akhirnya angka partisipasi masyarakat dalam berolahraga meningkat setiap tahunnya, yang esensinya dengan berperan aktif dalam kegiatan olahraga, masyarakat Jawa Barat menjadi lebih sehat, sejahtera dan produktif,” ucapnya.

Anggota SP3OR lainya, Sri Utami menambahkan, saat ini jumlah sarjana Pendamping Penggerak Pembangunan Olaharaga (SP3OR) di Kabupaten Ciamis ada 8 orang.

Kedelapan orang ini ditugaskan di satu kecamatan, untuk mendampingi dan mengembangkan olahraga di masyarakat. SP3OR di Kabupaten Ciamis sudah ada sejak 2010 dan kini sudah masuk periode ke-3.

Dari 8 pendamping SP3OR disebardi 8 kecamatan yakni Gina Novita di Kecamatan Lumbung, Sri Utami Agustin di Kecamatan Cijeungjing, Cece Rukmana di Kecamatan Ciamis, M Ismail Abdurakhman di kecamatan Sukadana, Nopi Heryanto di Kecamatan Kawali, Pujianto di Kecamatan Pamarican, Suci Budia di Kecamatan Panumbangan dan Asep Janu Purnama di kecamatan Cisaga.

“Semoga keberadaan kami sarjana Pendamping Penggerak Pembangunan Olaharaga (SP3OR) bisa lebih meningkatkan partisipasi masyarakat di bidang olahraga, kita ingin olahraga menjadi kebutuhan hidup, agar mencapai derajat kesehatan masyarakat,” tandasnya. (Jujang/R7/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img