TKSCI Galuh Ciamis Salurkan Air Bersih ke Sejumlah Daerah Kekeringan

TKSCI Galuh Ciamis Salurkan Air Bersih ke Sejumlah Daerah Kekeringan
Toyota Kijang Super Community Indonesia (TKSCI) Chapter Galuh Ciamis, bersama BPBD Kabupaten Ciamis, salurkan air bersih ke sejumlah daerah yang mengalami kekurangan, Jum’at (13/09/2019). Photo : Jujang/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Toyota Kijang Super Community Indonesia (TKSCI) Chapter Galuh Ciamis, bersama BPBD Kabupaten Ciamis, salurkan air bersih ke sejumlah daerah yang mengalami kekurangan, Jum’at (13/09/2019).

Daerah yang kekurangan air bersih selama musim kemarau ini salah satunya Desa Kalijaya, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. TKSCI Galuh Ciamis memberikan dua tangki air bersih kepada masyarakat di desa tersebut.

Sebelum pendistribusian, mobil tangki pengangkut air dan satu unit mobil perwakilan dari TKSCI Galuh Ciamis dilepas dari BPBD Kabupaten Ciamis oleh Kabid. Kedaruratan dan Logistik, Ani Supiani.

“Alhamdulillah, kami sampaikan terima kasih kepada TKSCI Galuh Ciamis yang telah membantu salurkan air bersih ke daerah yang kekurangan air, karena memang bencana kekeringan ini tanggung jawab bersama,” ucap Ani.

Tim BPBD dan TKSCI berangkat menuju Desa Kalijaya, Kecamatan Banjaranyar, sekitar pukul 08.00 WIB. Perjalan ditempuh kurang lebih 2 jam, karena daerah tersebut berada di dataran tinggi dengan kondisi jalan yang rusak.

Sebelum ke titik pendistribusian, tim terlebih dahulu menuju Kantor Desa Kalijaya untuk berkoordinasi dengan pemerintahan setempat, terkait pendistribusian air bersih tersebut. Nampak pada beberapa titik, warga Desa Kalijaya telah menyiapkan tempat penampungan air.

Sementara itu, Ketua Chapter Galuh Ciamis, Devi Yulviana, melalui perwakilannya, Aam Abuh, mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu agenda atau program klubnya dalam bidang sosial.

“Ini bukti kami dari TKSCI Galuh Ciamis peduli pada sesama, dan sudah menjadi salah satu program atau agenda kami, bahwa kegiatan sosial harus dilakukan secara terus-menerus,” ujar Aam Abuh.

Ia juga mengatakan, kegiatan sosial yang dilakukan pihaknya ini merupakan murni hasil kerja bareng antara TKSCI Ciamis dengan BPDB, dan untuk air bersihnya disuport dari PDAM Tirta Galuh Ciamis.

“Ini sebagai bentuk kepedulian sosial untuk masyarakat yang kena dampak kekeringan. Kami usapkan terima kasih kepada BPBD dan PDAM Tirta Galuh Ciamis yang telah mensuport TKSCI Galuh Ciamis, dalam kegiatan baksos penyaluran air bersih ini, hingga kegiatan berjalan lancar,” ucap Aam.

Warga Desa Kalijaya yang menerima bantuan air bersih merasa bersyukur atas bantuan air bersih yang disalurkan TKSCI Galuh Ciamis. Seperti diungkapkan Warlan (56), salah seorang warga setempat, kepada HR Online.

“Mudah-mudahan segala bentuk kepedulian komunitas TKSCI dibalas berlipah oleh Allah SWT,” kata Warlan. (Jujang/R3/HR-Online)