Toilet Tanpa Sekat di Stasiun Ciamis Viral di Medsos

Toilet Tanpa Sekat Stasiun Ciamis
Toilet Tanpa Sekat yang ada di Stasiun Ciamis. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Toilet tanpa sekat yang berada di Stasiun Kereta Api Kabupaten Ciamis menjadi viral di media sosial. Toilet yang terlihat baru tersebut membuat bingung banyak orang lantaran belum ada sekatnya.

Pantauan HR Online di lapangan, toilet yang berada di Stasiun KA Ciamis terdiri dari dua kloset jongkok dan 1 buah kloset duduk dalam satu ruangan. Tiga tempat buang air besar ini berjajar tanpa adanya sekat, hanya ada ember di samping masing-masing kloset jongkok.

Mendengar hal tersebut menjadi perbincangan di dunia maya, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya pun langsung mengecek lokasi yang dibuat PT KAI.

Herdiat mengatakan, dirinya mengecek langsung Stasiun KA Ciamis yang kini sedang dalam tahap renovasi, termasuk mengecek langsung toilet tanpa sekat yang ramai di dunia maya itu.

“Memang benar toilet tersebut tidak ada sekat sama sekali, dan di dalamnya ada tiga kloset,” kata Herdiat saat meninjau lokasi, Jum’at (20/9/2019) malam.

Toilet Tanpa Sekat di Ciamis
Bupati Herdiat Sunarya saat mengecek langsung toilet tanpa sekat di Stasiun Ciamis. Foto: Eli/HR

Herdiat menambahkan, dirinya sempat meminta penjelasan perihal toilet tanpa sekat kepada pihak Stasiun Ciamis agar tidak menjadi salah paham di masyarakat.

“Setelah saya mendapatkan penjelasan, ternyata toilet tersebut mash dalam tahap perbaikan, sehingga nanti tinggal ditambah sekatnya agar penumpang saat buang air lebih nyaman,” kata Herdiat lagi.

Selain mempertanyakan soal toilet, Herdiat juga meminta kepada pihak stasiun agar memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang datang ke lokasi tersebut, khususnya masalah kebersihan. Ia harap Stasiun Ciamis bisa menjadi contoh stasiun lainnya dalam hal kebersihannya.

“Kita juga sedang lobi ke PT KAI agar kereta semua jurusan yang lewat sini bisa berhenti dulu di sini. Kami siap membantu, apalagi dengan berhentinya kereta di Ciamis bisa mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Noxy Citrea, menjelaskan, toliet tanpa sekat di Stasiun Ciamis karena memang masih dalam tahap perbaikan, dan pihaknya memohon maaf atas kejadian ini hingga menjadi viral di medsos.

“Jadi sebenarnya desain toilet itu menggunakan partisi (penyekat). Namun sekarang belum terpasang dan selama proses perbaikan berlangsung, penggunaan toilet diatur untuk satu orang pengguna saja. Di dalam toilet tersebut juga ada kunci dari dalam sehingga privasi pengguna toilet terjaga,” singkatnya. (Es/R6/HR-Online)