Viral, Keluarga di Ciamis 5 Tahun Tinggal di Kandang Kambing

tinggal di kandang kambing
Agus Hendra Wahyudin, warga Dusun Sukajadi, RT 05 RW 01, Desa Sukajadi, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat yang tinggal di kandang kambing. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Bapak 4 anak orang ini bernama Agus Hendra Wahyudin, warga Dusun Sukajadi, RT 05 RW 01, Desa Sukajadi, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Agus mendadak viral di media sosial lantaran ia tinggal di sebuah gubuk kecil bekas kandang kambing.

Saat ditemui HR Online, Selasa (10/9/2019), Agus mengaku terpaksa harus menempati tempat tersebut dengan istri dan keempat anaknya.

“Mau gimana lagi mas? Bukannya tidak mau tinggal di rumah yang bagus. Namun saya tidak mampu untuk membuatnya, jangan kan membuat rumah, untuk makan sehari-hari pun saya masih kesulitan,” terangnya.

Agus mengaku, dia bersama keluarganya sudah lima tahun bertahan hidup di gubuk tersebut. 

“Sudah lama sih saya di sini, mau tinggal sama orang tua, sama juga rumahnya sudah rusak dan kecil. Jadi saya terpaksa merapikan bekas kandang ini untuk dijadikan tempat tinggal,” katanya.

Pantauan HR Online di lapangan, gubuk yang ditinggali oleh keluarga Agus hanya berdindingkan helaian kain bekas untuk melindunginya dari hembusan angin.

Saat HR Online menengok ke bagian dalam rumah, terlihat istri Agus tengah menyusui anaknya yang masih bayi di dalam sebuah kamar pengap dengan beralaskan kain terpal.

Selain Agus yang terpaksa tinggal di kandang kambing, kondisi rumah orang tua Agus yang berdampingan juga kondisinya nyaris ambruk. Hampir seluruh dindingnya yang terbuat dari bambu keropos.

Esoh (65) ibu kandung Agus saat ditemui HR Online, hanya bisa meneteskan air mata tanpa bisa bercerita panjang.

“Saya hanya berharap adanya bantuan untuk keluarga kami ini. Hati saya sebenarnya menangis, namun apa daya mungkin ini sudah takdir,” katanya.

Sementara Maryono alias Wage (80), ayah kandung Agus, mengaku hanya seorang buruh serabutan yang tidak bisa berbuat banyak untuk menyenangkan keluarga.

“Bukan tidak mau membahagiakan mereka. Namun apa lah saya ini? Apalagi saat ini usia kami sudah tua seperti ini,” katanya.

Sumber informasi HR Online di lapangan, setelah mendadak viral di Medsos. Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas Sosial telah melakukan pengecekan ke lokasi dan akan memberikan bantuan rumah untuk keluarga Agus. (Suherman/R7/HR-Online)