Menggiurkan, Warga Kota Banjar Ini Kembangkan Tanaman Azollla

Tanaman Azolla
Ilustrasi tanaman Azolla. Foto: Net/Ist

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Tanaman Azolla Michrophylla atau apon-apon, sejenis tumbuhan paku yang banyak dijumpai tumbuh di atas air area persawahan ataupun rawa, bagi sebagian orang hanya dilihat hama yang tak berguna.

Namun, berbeda dengan Asep Supriatna, warga lingkungan Babakansari Rt. 01 Rw. 11 Kelurahan/Kecamatan Pataruman. Hal itu justru dilihatnya sebagai sebuah potensi usaha dan budidaya tanaman yang harus dikembangkan.

“Ada beberap jenis tanaman azolla yang saya budidayakan, ada eceng gondok, azolla michrophylla dan lemna minor atau kayambang. Semua untuk pakan ikan dan unggas,” kata Asep saat ditemui HR Online, Kamis (5/9/19).

Asep menjelaskan, semua apon-apon tersebut dijadikan sebagai bahan pakan alami untuk ikan dan unggas.

Selain mengandung protein tinggi, tanaman azolla sudah terbukti secara riset bahkan banyak dibudidayakan oleh peternak di berbagai daerah dan luar negeri.

Adapun untuk penanaman dan perawatan tanaman, kata Asep melanjutkan, tidak terlalu ribet hanya membutuhkan media untuk tempat penyemaian bibit, bisa dilakukan di lahan perkebunan atau menggunakan tempat plastik buatan.

Perawatan yang dibutuhkan pun sederhana cukup dengan menggunakan pupuk kandang sebagai penyubur alami agar cepat tumbuh.

“Untuk sampai usia panen sebetulnya nggak terlalu lama paling kisaran setengah bulan itupun bisa lebih cepat. Adapun kalau untuk usaha ya perlu dikembangkan lagi di lahan yang lebih luas agar hasilnya juga maksimal,” ujarnya.

Tak hanya diminati konsumen lokal, saat ini hasil budidaya tanaman Azolla yang Ia kembangkan pun banyak digemari oleh konsumen dari luar daerah.

Beberapa yang sudah dikirimkan di antaranya ke Palangkaraya, Nunukan, Nusa Tenggara Timur, bahkan Aceh.

“Untuk kota Banjar kemarin juga ada pengiriman ke Binangun sama Cikabuyutan. Kalau pesanan dari Jawa Tengah paling ke Pemalang dan yang paling jauh dari kawasan Nusa Tenggara,” kata Asep.

Harga yang Ia tawarkan untuk satu kilogram jenis tanaman azola dibandrol Rp. 60 ribu per kilogram. Harga tersebut tentu sangat menggiurkan untuk jenis ukuran tanaman sawah.

Ia berharap budidaya tanaman azolla yang Ia kembangkan bisa menjadi alternatif bahan pakan alami untuk peternak ikan dan unggas, pungkasnya. (Muhlisin/R6/HR-Online)