Warga Kota Banjar Temukan Benda yang Diduga Peninggalan Belanda

Benda Peninggalan Belanda
Benda yang diduga peninggalan Belanda. Foto: Sugeng/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Masdar (45), warga Dusun Purwodadi, RT.10/04, Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, menemukan mangkuk kaca yang diduga merupakan barang peninggalan Belanda. 

Dia mengaku mendapatkan barang tersebut secara tidak sengaja, yakni ketika dirinya sedang menggali sumur di lahan sawahnya sekitar tahun 1999 silam. Saat itu, cangkul yang digunakan menggali mengenai sebuah benda yang menyerupai mangkuk.

“Benda tersebut seperti mangkuk yang terbuat dari kaca. Saat ditemukan keadaannya masih tertata rapih, tapi hampir semuanya pecah terkena cangkul, hanya 4 mangkuk saja yang kondisinya masih utuh,” terangnya, kepada Koran HR, saat ditemui di rumahnya, Senin (02/09/2019).

Menurut Masdar, pada saat itu, mangkuk yang masih utuh kemudian dibawanya ke rumah, dan sebagian ia dibagikan kepada keluarganya sebagai kenang-kenangan.

Sementara itu, Nur Hidayat (37), warga lainnya, memprediksi kalau mangkuk kaca berbentuk lancip dan bergambar teko dengan bertuliskan “Trade Mark H & C Ltd” yang ditemukan Masdar itu merupakan benda peninggalan Belanda.

“Bisa jadi barang itu peninggalan Belanda. Mungkin barang berupa mangkuk kaca itu merupakan alat untuk menampung getah karet.” ujar Nur.

Meski begitu, namun belum ada yang mengetahui secara pasti tentang kegunaan benda yang menyerupai mangkuk itu. Namun, keberadaan barang tersebut sampai saat ini masih dirawat oleh Masdar. (Sugeng/Koran HR)