Dibalik Khasiatnya, Waspadai Efek Samping Buah Nanas

efek samping buah nanas
Ilustrasi Nanas. Foto: Istimewa

Dibalik khasiatnya yang besar untuk kesehatan, ternyata efek samping buah nanas juga perlu diwaspadai. Efek samping buah ini ternyata tidak khusus untuk wanita yang sedang hamil saja, tetapi juga beberapa penyakit lainnya.

Nanas adalah jenis buah tropis dengan rasa asam manis yang sangat khas. Karena rasanya inilah buah ini cocok dijadikan bahan sirup, rujak, ataupun untuk asinan buah yang enak.

Buah ini juga diketahui kaya dengan nutrisi yang sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Diantaranya kandungan kalori, karbohidrat, vitamin A, vitamin C, kalsium, kalium, magnesium, dan mineral lainnya.

Namun, dibalik manfaat yang begitu besar tersebut, ternyata terdapat efek samping buah nanas.

Sejuta Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

Selain kaya dengan vitamin dan mineral, nanas juga diketahui mengandung gula dan serat pangan yang baik untuk diet menurunkan berat badan. Berikut ini beragam manfaat buah nanas untuk kesehatan.

Baik untuk Kecantikan dan Kesehatan Wanita

Pengaruh buah nanas terhadap wanita juga banyak, baik manfaatnya maupun efek samping buah nanas. Diantaranya buah ini baik untuk meningkatkan kesuburan wanita dan mendorong agar bisa cepat hamil.

Antioksidan buah ini juga baik dijadikan masker wajah dan kulit. Hal ini berguna merangsang produksi kolagen dan elastin yang akan membuat kulit lebih cerah, lebih segar, dan lebih cantik.

Baik Untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Seperti disebutkan di atas, serat tinggi dalam nanas berguna untuk melancarkan pencernaan dan buang air besar, membuat kenyang lebih lama. Kandungan gula alaminya juga baik untuk menghilangkan racun dan lemak tubuh.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Meski terdapat efek samping buah nanas, namun buah ini ternyata bagus dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Sebab, antioksidan dari kandungan vitamin C buah ini sangat efektif untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh.

Efek dari mengkonsumsi buah ini mampu membuat tubuh lebih kebal terhadap serangan virus, bakteri, kuman, dan jamur.

Kandungan bromelain dan antioksidan buah ini juga efektif untuk meningkatkan metabolisme tubuh, menangkal radikal bebas, dan mencegah risiko kanker.

Menangkal Penyakit Jantung

Kandungan vitamin C buah nanas juga ampuh untuk mencegah oksidasi kolesterol yang berisiko menyumbat pembuluh arteri penyebab jantung. Kalium tinggi buah ini juga berkhasiat mengontrol tekanan darah.

Perlu ditegaskan bahwa tidak ada efek samping buah nanas untuk orang yang sering terserang kolesterol tinggi. Justru buah ini membantu mencegah oksidasi kolesterol.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Nanas kaya dengan mineral mangan yang penting untuk menguatkan tulang. Nutrisi ini juga penting melindungi dan mencegah kerusakan jaringan ikat. Karena itu konsumsi buah ini secara rutin sangat disarankan.

Efek Samping Buah Nanas yang Harus Diwaspadai

Selain manfaatnya yang besar, anda juga perlu hati-hati terhadap efek samping buah nanas. Terutama jika konsumsi atau penggunaannya yang berlebihan. Berikut ini beragam bahaya buah nanas bagi pria maupun wanita.

Menyebabkan Diare dan Insomnia

Konsumsi vitamin C dari buah ini secara berlebihan bisa menyebabkan sakit perut dan diare. Bahkan makan buah ini secara berlebihan bisa memicu insomnia.

Efek Samping Buah Nanas Untuk Ibu Hamil

Meskipun nanas bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan wanita namun setelah hamil sebaiknya hindari mengkonsumsi buah ini. Efek samping buah nanas untuk ibu hamil dapat menyebabkan keguguran.

Ada sejumlah enzim dalam buah ini yang justru bisa meningkatkan kontraksi rahim khususnya pada masa awal kehamilan. Hal ini tentunya akan membuat pengaruh buah nanas terhadap wanita yang tidak baik.

Memicu Radang Sendi dan Rematik

Meskipun antiinflamasi nanas sangat baik untuk mengatasi pembengkakan dan radang sendi namun kebanyakan konsumsi buah ini juga dapat membuat penyakit anda makin parah. Karena itu batasi konsumsinya.

Bereaksi Terhadap Obat

Efek samping buah nanas yang juga berbahaya adalah jika nanas dimakan bersamaan dengan minum obat antibiotik seperti tetrasiklin atau amoxicillin. Dampaknya bisa menyebabkan pusing dan demam, nyeri dada, hingga hidung berdarah.

Bisa Meningkatkan Gula Darah

Nanas banyak mengandung gula alami seperti fruktosa dan sukrosa yang baik untuk mengontrol kadar gula darah. Namun konsumsi buah ini juga jangan berlebihan agar tidak malah membuat gula darah naik.

Meskipun banyak manfaat buah nanas untuk kesehatan, namun konsumsinya juga mesti dibatasi agar tidak memberikan efek samping buah nanas yang buruk untuk tubuh. (R8/HR-Online)