251 Warga di Kabupaten Ciamis Terima Sertifikat Tanah dari Program PTSL

251 Warga di Kabupaten Ciamis Terima Sertifikat Tanah dari Program PTSL
Sebayak 251 warga Desa Mekarjaya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terima sertifikat tanah dari program PTSL (Pembuantan Tanah Sertifikat Langsung, di GOR Desa Mekarjaya, Jum’at, (04/10/2019). Photo : Eli Suherli/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- 251 warga Desa Mekarjaya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terima sertifikat tanah dari program PTSL (Pembuantan Tanah Sertifikat Langsung, di GOR Desa Mekarjaya, Jum’at, (04/10/2019).

Warga Kecamatan Baregbeg yang menerima sertifikat tersebut berasal dari tiga dusun, yaitu Dusun Balemoyan, Dusun Mekarsari, dan Dusun Pasirdatar.

Menurut Kepala Desa Mekrajaya, Elan Kuswaya, untuk Desa Mekarjaya, pemberian sertifikat program PTSL tahun 2019 ini sudah dua kali dilakukan, setelah sebelumnya pihak desa mendapatkan program tersebut.

“Ini sudah yang kedua kalinya warga Desa Mekarjaya menerima sertifikat tanah program PTSL dari Kantor Pertanahan Kabupaten Ciamis, dengan jumlah penerima sebanyak 251 orang,” ungkapnya, kepada HR Online.

Lanjut Elan, adanya program tersebut sangat membantu bagi warga Desa Mekarjaya, sehingga warga pemilik tanah dapat dengan mudah membuat sertifikat kepemilikan akan tanah, karena sebagian besar tanah milik warga belum bersertifikat.

Elan berharap, ke depan desanya masih mendapatkan kuota untuk program PTSL, sehingga warga yang belum kebagian tahun ini bisa masuk di tahap selanjutnya. Dengan begitu maka nantinya semua warga Desa Mekarjaya memiliki sertifikat tanah sebagai bukti kepemilikan tanah yang sah.

Dahlia, salah seorang warga Desa Mekarjaya, mengaku kalau dirinya merasa terbantu dengan program PTSL. Karena, sudah sekian lama memiliki tanah, tapi baru sekarang tanahnya bersertifikat sebagai bukti kepemilikan tanah.

“Jelas kami merasa terbantu sekali, dengan begitu warga bisa memiliki dan membuat sertifikat tanah dengan mudah melalui program PTSL ini. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Desa Mekarjaya dan juga Pemerintah Kabupaten Ciamis yang sudah membantu warga dalam pembuatan sertifikat tanah ini,” ucapnya.

Dahlia juga mengungkapkan, bahwa sebetulnya dari dulu dirinya ingin membuat sertifikat tanah. Makanya ketika ada program PTSL, dia langsung daftar ke RT setempat supaya tanahnya bisa dilakukan pengukuran oleh petugas pertanahan, untuk selanjutnya dibuatkan sertifikat.

“Yang jelas program ini sangat membantu, karena apabila membuat sendiri, pastinya akan  mengeluarkan biaya yang besar,” katanya. (es/R3/HR-Online)