AKD Belum Dibentuk, Agenda & Program Pembangunan di Ciamis Terancam

Program pembangunan di Ciamis
Gedung DPRD Kota Banjar. Foto: Dok HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sejumlah kalangan menyayangkan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD Kabupaten Ciamis sampai sekarang belum terbentuk. Padahal, AKD merupakan wadah bagi anggota dewan untuk menunjang pekerjaan pembangunan di Ciamis.

Eka Muntaha, warga Ciamis, ketika ditemui Koran HR, Selasa (08/10/2019), menilai kinerja anggota dewan tidak akan maksimal sampai AKD dibentuk. Padahal setelah dilantik, anggota dewan harus sudah mulai bekerja.

Padahal, kata Eka, unsur pimpinan dan fraksi di DPRD Ciamis sudah ada. Keterlambatan pembentukan AKD akan memperhambat kinerja anggota dewan. Diantaranya seperti merumuskan peraturan-peraturan untuk kemajuan dan pembangunan Kabupaten Ciamis.

“Informasinya, pembentukan AKD karena menunggu pergantian antar waktu (PAW) anggota dewan dari Fraksi PDI-P,” katanya.

Diakui Eka, banyak sekali agenda anggota dewan yang harus segera dikerjakan. Terlebih menyangkut penganggaran program pembangunan Kabupaten Ciamis, untuk akhir tahun 2019 dan awal tahun 2020.

“Kami berharap pimpinan dewan menyegerakan pembentukan AKD,” katanya.

Senada dengan itu, Andi Ali Fikri, pengurus Karang Taruna Kabupaten Ciamis, mengatakan, keterlambatan pembentukan AKD akan menghambat kinerja anggota dewan. Menurut dia, apapun alasannya, ketika pimpinan definitif sudah ada, maka AKD juga harus segera dibentuk.

“Saat ini banyak wajah baru. Tentunya mereka harus menyesuaikan diri. Pastinya mereka juga belum faham tugas dan fungsi sebagai anggota dewan. Tapi jika mereka sudah berada di dalam AKD, pasti ditekankan untuk faham dalam menjalankan tugas,” jelasnya.

Jangan sampai, lanjut Andi, lambannya pembentukan AKD juga akan menghambat program pembangunan di Kabupaten Ciamis. (Es/Koran HR)