Alasan Mobil Harus di Tune Up Secara Rutin yang Wajib Diketahui

Alasan Mobil Harus di Tune Up
Ilustrasi mesin mobil. Foto: Istimewa

Ada banyak alasan mobil harus di tune up yang perlu dipahami oleh setiap pemilik mobil. Tune up itu sendiri adalah service ringan agar performa mobil tetap baik.

Bagi sebagian pemilik mobil, melakukan tune up dinilai boros uang dan waktu. Padahal manfaat yang didapat tak hanya bisa dirasakan oleh diri sendiri saja, akan tetapi juga orang lain.

Seperti yang diketahui, tak sedikit kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi karena kurangnya perawatan mobil. Maka dari itu, tune up sangatlah penting bagi mobil.

Alasan Mobil Harus di Tune Up

Selain alasan di atas, masih ada banyak alasan mengapa tune up perlu diterapkan pada mobil secara rutin. Berikut beberapa alasannya.

Menghindari Resiko Kerusakan yang Lebih Parah

Salah satu alasan kenapa mobil pentng untuk di tune up yaitu menghindari resiko kerusakan yang lebih parah. Penggunaan mobil tanpa perawatan tentu saja membuat beberapa komponennya mengalami kerusakan.

Jika dibiarkan begitu saja tanpa ada perhatian khusus, lama-kelamaan komponen tersebut akan aus. Hal tersebut tentu saja membuat mobil menjadi berbahaya saat digunakan.

Memastikan Komponen Mesin Tetap Stabil

Alasan mobil harus di tune up yaitu unmemastikan komponen mesinnya tetap stabil. Dengan tune up, komponen mesin mobil tetap bisa sesuai dengan spesifikasi yang dibawanya.

Dengan kondisi komponen mesin mobil yang tetap stabil, maka komponen tersebut bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Mobil pun tetap aman dan nyaman dikendarai.

Memperpanjang Usia Pakai Mobil

Tune up perlu dilakukan secara rutin dengan alasan supaya bisa memperpanjang usia pakai mobil tersebut. Hal ini dikarenakan tune up bisa membuat mobil lama anda terasa seperti mobil baru.

Meski mobil anda keluaran tahun lama, namun saat digunakan tenaganya tetap terjaga secara baik. Akan tampak seperti mobil baru lagi apabila anda memperhatikan penampilannya.

Mengoptimalkan Performa Mesin

Performa mesin bisa terjaga secara baik apabila di tune up secara rutin. Selain menjaga performanya, kelebihan mobil rutin di tune up yaitu meningkatkan tenaga yang dihasilkan.

Perlu untuk anda ketahui, tune up ini hanya fokus pada bagian mesinnya saja, bukan daya kelistrikan, pemindah daya, atau bahkan chasis.

Dikarenakan hanya mengutamakan sektor dapur pacunya, maka proses yang dilakukan benar-benar optimal. Segala medan jalan pun bisa ditempuh secara mudah dengan mobil yang sudah di tune up.

Harga Jual Mobil Kembali Akan Naik

Harga jual mobil kembali tinggi juga menjadi salah satu alasan kenapa mobil harus di tune up. Pasalnya, tune up bisa meningkatkan nilai mobil.

Perlu untuk anda pahami, mobil yang rutin di tune up tentu saja lebih terawat daripada mobil yang jarang di tune up. Karena terawat, kualitas mobil tentunya jauh lebih baik.

Mobil yang senantiasa terawat memiliki harga jual kembali yang lebih tinggi. Oleh karena itu, anda tetap untung meski mobil anda sudah keluaran tahun lama sekalipun.

Memastikan Fungsi Saringan Udara

Dilakukannya tune up juga bermanfaat dalam memastikan saringan udaranya. Dengan tune up, maka fungsi saringan udara di dalam mesin mobil tetap terjaga secara baik.

Seperti yang diketahui, kurangnya perawatan membuat saringan udara menjadi tak berfungsi sebagaimana mestinya. Hal inilah yang menjadi alasan mobil harus di tune up.

Saringan udara yang bermasalah tentunya berpengaruh terhadap performa mesin. Mesin akan mudah panas dan tak stabil sehingga bisa merusak komponen mesin.

Meningkatkan Kenyamanan Selama Berkendara

Mobil yang di tune up sudah pasti nyaman digunakan. Hal ini dikarenakan tune up memastikan performa mesinnya tetap baik.

Selain nyaman, mengendarai mobil yang sudah di tune up juga terbukti aman. Bukan hanya karena performa mesinnya yang baik, akan tetapi juga tak ada kerusakan komponen di bagian mesinnya.

Bagi anda yang peduli dengan mobil kesayangan anda, pastikan anda menerapkan tune up. Tune up itu sendiri bisa dilakukan sendiri jika anda sudah ahli di bidangnya.

Lain halnya jika anda masih awam dengan tune up, ada baiknya anda membawanya ke bengkel. Setelah mengetahui apa saja alasan mobil harus di tune up, pastikan anda menerapkannya secara rutin. (R10/HR-Online)

Loading...
Loading...