Antisipasi Musim Penghujan, DPRKPLH Ciamis Bersihkan Sampah di Sungai Cikaso

Kondisi Sampah Sungai Cikaso
Sampah Sungai Cikaso. Foto: Dok HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis membersihkan sampah Sungai Cikaso, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis. Sampah dari sungai kemudian diangkut dan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Kepala DPRKPLH, Oman Rohman, ketika ditemui HR, Selasa (08/10/2019), membenarkan, petugas kebersihan sedang melakukan pembersihan sampah Sungai Cikaso. Hal itu dikarenakan jumlah sampah yang banyak memenuhi sungai dan bisa menyebabkan bencana apabila terjadi musim penghujan.

“Perlahan, tim kebersihan mulai mengangkat dan mengangkut sampah, belakang Pasar Banjarsari, untuk selanjutnya dibuang ke TPA. Ini demi antisipasi bencana yang bisa melanda ketika musim penghujan datang,” ungkapnya.

Oman menuturkan, karena banyak sekali sampah, maka pihaknya secara bertahap melakukan pembersihan. Termasuk menyesuaikan armada dan petugas kebersihan yang ada. Sehingga tidak bisa sekaligus selesai dan mudah-mudahan sampah bisa tertangani segera sebelum datangnya musim hujan.

“Saat sungai kering di musim kemarau, bisa dengan mudah membersihan sampah. Saya menekankan kepada petugas untuk terus melakukan pembersihan secara bertahap, supaya sampah dapat dibersihkan semua,” katanya.

Menurut Oman, untuk sementara waktu pihaknya fokus pembersihan sampah Sungai Cikaso terlebih dahulu. Tidak hanya di Banjarsari, pihaknya juga mengagendakan pembersihan di derah lain seperti Rajadesa.

Kasi Kebersihan, Azat, mengatakan, sesuai intruksi Kepala DPRKPLH dirinya langsung menyiapkan armada serta petugas kebersihan untuk membersihkan Sungai dari sampah.

“Sesuai itruksi, saya langsung menugaskan personil untuk melakukan pembersihan sampah secara bertahap di Sungai Cikaso. Karena jika tidak dibersihkan, apalagi berada di sungai, jelas akan berdampak kurang baik terhadap lingkungan,” ujarnya. (Es/Koran HR)

Loading...