Apa Penyebab Mata Ikan? Apakah Cuma Karena Sering Pakai Sepatu Kebesaran?

Apa Penyebab Mata Ikan
Ilustrasi mata ikan. Foto: Istimewa

Apa penyebab mata ikan sebenarnya sih? Gangguan mata ikan muncul karena adanya tekanan dan gesekan pada kaki yang terjadi secara berulang-ulang. Keberadaan mata ikan di kaki akan membuat aktivitas terganggu dan membuat kaki Anda cukup tidak enak dipandang.

Mata ikan biasanya muncul di permukaan telapak kaki, jari kaki, telapak tangan dan jari-jari tangan. Gumpalan kulit yang terasa keras saat ditekan ini sesekali akan menimbulkan rasa sakit dan nyeri pada beberapa penderita. Meskipun tidak berbahaya, tetap saja Anda harus memberikan penanganan yang tepat dan mencari tahu apa penyebab mata ikan.

Dibandingkan para pria, wanita biasanya lebih sering menderita mata ikan. Bukan tanpa alasan, hal ini terjadi karena wanita memang lebih sering menggunakan sepatu tertutup dengan ukuran yang tidak begitu nyaman dibandingkan lelaki. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan jika para pria pun juga akan mengalaminya.

Perlu Diketahui Apa Penyebab Mata Ikan 

Untuk itu, wajib bagi Anda semua untuk mengetahui apa penyebab mata ikan dan mencari tahu metode penanganannya. Sebagai masalah kesehatan, mata ikan tergolong penyakit yang tidak serius, namun tetap harus ditangani dengan baik agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Selain gesekan dan tekanan pada kaki, HPV juga menjadi penyebab mata ikan.

HPV atau human papiloma virus merupakan salah satu virus penyebab penyakit kelamin. Hanya saja virus ini ada dalam berbagai jenis. HPV yang menyerang kulit berbeda dengan HPV yang menyerang kelamin manusia.

Berdasarkan medis, virus HPV menyerang tubuh melalui luka atau goresan pada kulit dan melalui lingkungan hangat dan lembap seperti kamar mandi. Virus HPV juga bisa tersebar melalui kontak langsung dengan penderita yang lebih dulu terinfeksi. Saat berhasil masuk ke dalam kulit, virus akan tumbuh dan menyebar cepat di permukaan kulit.

Selain gesekan secara terus-menerus dari penyebaran virus HPV, mata ikan juga disebabkan oleh beberapa faktor lain. Sebagai informasi tambahan, kita ulas apa penyebab mata ikan di kaki yang berhasil kami rangkum untuk Anda. Yuk, simak detail informasinya dan semoga bermanfaat.

Menggunakan Sepatu yang Kebesaran

Sepatu yang kebesaran mungkin sering kali dianggap sebagai faktor utama yang memicu penyakit mata ikan. Nyatanya sepatu yang terlalu sempit pun akan mengakibatkan tekanan dan gesekan pada kaki semakin intens. Hal inilah yang mendorong munculnya mata ikan di bagian kaki, sehingga Anda wajib memperhatikannya selain mencari tahu apa penyebab mata ikan lainnya.

Pada sepatu longgar, beberapa bagian kaki juga akan bergesekan secara berulang. Dengan begitu, Anda harus menghindari penggunaan sepatu kebesaran. Tidak hanya itu saja, gesekan dan tekanan pada kaki akan terasa lebih parah pada mereka yang menggunakan sepatu hak tinggi. Untuk itu, pilihlah jenis sepatu yang terasa nyaman saat digunakan.

Tidak Menggunakan Kaus Kaki

Lalu apa penyebab mata ikan selanjutnya? Tidak menggunakan kaus kaki rupanya juga termasuk penyebab mata ikan. Kaki akan langsung bergesekan dengan sepatu secara langsung saat Anda tidak menggunakan kaus. Meskipun telah menggunakan kaus kaki, gesekan tetap bisa terjadi jika kaus kaki yang Anda kenakan tidak sesuai ukuran kaki.

Tidak bisa dipungkiri, sebagian besar dari kita tentunya masih sering menyepelekan hal ini. Padahal kebiasaan kecil inilah yang menjadi penyebab mata ikan berserang di kaki si penderitanya.

Menggunakan Peralatan yang Mengharuskan Banyak Terjadi Gesekan

Menggunakan peralatan yang mengharuskan banyak terjadi gesekan cukup tinggi juga harus diwaspadai. Lantas, apa penyebab mata ikan dari kebiasaan tersebut?

Kebiasaan ini kerap kali terjadi pada tangan Anda, di mana kulit tangan akan bergesekan dengan sebuah peralatan seperti instrumen musik, peralatan memasak dan lainnya.

Gesekan-gesekan yang berlangsung lama menyebabkan penebalan kulit tangan dan memicu penyakit mata ikan. Untuk itu, Anda harus memperhatikan kondisi kulit tangan dengan teliti dan tidak selamanya mengabaikan persoalan sederhana.

Merokok

Untuk Anda yang belum tahu nih, rupanya merokok juga menjadi salah satu penyebab penyakit mata ikan. Para perokok akan merasakannya secara tidak langsung, tepatnya saat menggunakan pemantik api. Kebiasaan memantik api secara berulang-ulang akan membuat mata ikan muncul pada kulit jempol tangan.

Untuk itu, pastikan Anda menghindari kebiasaan merokok setelah tahu apa penyebab mata ikan yang secara tidak langsung telah Anda jadikan kebiasaan. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan ya! (R11/HR-Online)

Loading...
Loading...