Apple Airpods Pro Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi, Fitur dan Harganya

Apple Airpods Pro
Apple Airpods Pro. Foto: Istimewa

Apple Airpods Pro hadir dengan membawa peningkatan kualitas dan fitur lengkap. Sesuai dengan namanya, Airpods Pro ini adalah versi premium dan bukan penerus AirPods 2.

Apple mengonfirmasi bahwa Airpods Pro resmi dirilis pada 28 Oktober 2019. Sementara ketersediannya di pasaran akan dilakukan sebelum musim libur akhir tahun.

Spesifikasi Apple Airpods Pro

Sembari menunggu munculnya Airpods Pro di pasaran, ada baiknya jika anda simak ulasan lengkap mengenai spesifikasinya berikut ini.

Desain

Apple membekali Airpods Pro dengan desain in-ear yang modern. Desainnya dilengkapi 3 tip yang disesuaikan dengan telinga penggunanya.

Dengan pilihan besar, sedang dan kecil, Apple Airpods Pro bisa mengisolasi suara secara baik dan cepat. Kinerjanya semakin optimal karena dukungan dua mikrofon.

Satu mikrofon ada di bagian luar yang berfungsi untuk memantau suara sekaligus meredamnya. Sementara satu mikrofon lagi ada di bagian dalam dengan fungsi memantau suara sekaligus menyesuaikan peredaman yang masuk.

Saat memakai Airpods Pro, pengguna tak akan terganggu dengan suara bising yang berasal dari luar. Tingkat kebisingan yang masuk benar-benar diatur secara baik.

Lubang Ventilasi

Dengan desain yang modern dan canggih, Airpods Pro juga dilengkapi dengan lubang ventilasi. Lubang ini berperan penting dalam menyamakan tekanan.

Adanya lubang ventilasi memungkinkan pengguna bisa merasa nyaman saat memakai Airpods Pro, tak terkecuali pengguna yang belum terbiasa dengan earphone in-ear.

Sertifikat IPX4

Kualitas Apple Airpods Pro tak perlu diragukan lagi. Apalagi Airpods Pro ini juga sudah mengantongi sertifikat IPX4 yang berarti tahan air, tak terkecuali dengan keringat sekalipun.

Semakin berkualitas karena Airpods Pro juga dibekali dengan driver audio baru. Teknologi ini memungkinkan kualitas suara yang dihasilkan lebih jernih dan jelas.

Chip H1

Apple diketahui sudah menciptakan chip terbaru yang dinamakan H1. Teknologi bluetooth khusus ini dirancang khusus untuk produk seperti headphone.

Mengenai fungsinya, chip ini berperan penting dalam meningkatkan waktu pemasangan konektivitasnya. Selain itu, chip ini juga mengefisiensi masa pakai baterainya.

Dengan chip H1, fungsionalitas Hey Siri kemungkinan juga bisa dilakukan secara hands-free. AirPods Pro ini sendiri diklaim memiliki daya tahan sampai 4,5 jam berkat teknologi tersebut.

Meski canggih, namun Apple Airpods Pro ternyata memiliki kekurangan. Pengisian Airpods Pro ini masih memanfaatkan kabel lighting.

Tak perlu khawatir karena kekurangan Airpods Pro berhasil ditutupi oleh kemampuan casenya yang mampu memberikan daya selama 24 jam.

Fitur Airpods Pro

Spesifikasi yang dibawa Airpods Pro semakin mumpuni karena didukung dengan fitur yang lengkap. Adapun fitur yang ada di Airpods Pro diantaranya yaitu:

Transparency

Saat menggunakan Airpods Pro, anda memang tak bisa mendengar suara di sekitar. Meski begitu, perangkat ini telah dilengkapi dengan fitur Transparency yang memungkinkan anda tetap bisa mendengar suara di sekitar secara baik.

Untuk memanfaatkan fitur ini, anda hanya perlu menekan tangkai Apple Airpods Pro. Perlu diketahui, tangkainya ini sebenarnya juga bisa dimanfaatkan untuk mengatur musik yang didengar.

Noise Reduction

Fitur yang satu ini bisa dihidupkan dan dimatikan melalui tangkai Airpods Pro. Noise reduction ini berguna untuk menahan suara yang berasal dari luar.

Tak hanya itu, fitur ini juga sangat bermanfaat untuk menghilangkan tekanan dari dalam saluran telinga. Sebenarnya fitur noise reduction sudah didengar sejak Juli lalu.

Harga Airpods Pro

Bicara soal harga, AirPods Pro akan ditawarkan dengan harga 249 dollar AS atau jika dirupiahkan maka akan setara dengan Rp 3,5 juta per unit.

Sebelumnya ada perkiraan mengenai harga yang akan dibawa AirPods Pro. Airpods Pro versi standar diperkirakan akan dibanderol seharga 159 dollar AS atau setara Rp 2,2 juta per unit.

Sementara untuk AirPods Pro dengan dukungan case wireless diperkirakan akan ditawarkan senilai 199 dollar AS atau Rp 2,7 juta.

Selain AirPods Pro, sebenarnya Apple juga turut menghadirkan case yang harganya USD 99 atau Rp 1,4 juta per unit.

Mengenai variannya, Airpods Pro tersedia dalam beragam pilihan warna yang menarik, beberapa diantaranya yaitu hitam, putih dan midnight green.

Dengan berbekal spesifikasi yang berkelas dan fitur lengkap, banderolan harga yang dibawa perangkat Apple Airpods Pro terbilang aman di kantong. (R10/HR-Online)