Berawal Bakar Sampah, 3 Hektar Kebun Bambu di Banjarsari Ciamis Hangus

kebakaran lahan di Banjarsari
Kebakaran terjadi di kebun bambu milik warga Dusun Gunung Gadung, RT 08 RW 03, Desa Sindangasih, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jumat (25/10/2019).

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kebakaran lahan di Banjarsari Ciamis kembali terjadi, kali ini kebun bambu milik warga Dusun Gunung Gadung, RT 08 RW 03, Desa Sindangasih, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, hangus terbakar, Jumat (25/10/2019).

FK Tagana Banjarsari, Uju Suparman ketika dihubungi HR Online membenarkan adanya kebakaran lahan di Banjarsari tersebut.

Menurutnya, api tiba-tiba membara dan membakar kebun bambu milik warga..

“Luas area yang terbakar sekitar 3 hektaran. Api diketahui oleh warga pada pukul 15.30 WIB sore tadi dengan kondisi sudah membesar,” katanya.

Masih dikatakan Uju, setelah mengetahui adanya kobaran api yang membakar perkebunan, warga sekitar langsung berdatangan untuk memadamkan api.

“Karena pemadaman hanya menggunakan alat seadanya, tadi warga juga sempat kewalahan. Dan setelah dua jam api pun baru bisa dipadamkan,” terangnya.

Uju pun mengimbau kepada warga agar senantiasa berhati-hati ketika membakar sampah. Hal tersebut untuk menjaga agar tidak terjadi lagi kebakaran seperti saat ini.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati hati ketika melakukan pembakaran sampah atau sejenisnya yang dapat menimbulkan kebakaran. Jika ingin membakar sampah silakan saja, namun tetap harus dipantau agar tidak terjadi rembetan yang mengakibatkan kebakaran,” tegasnya.

Sementara itu, kejadian serupa sudah sering terjadi di wilayah Kabupaten Ciamis. Beberapa waktu lalu, misalnya, kawasan hutan yang berada Blok Cipeundeuy Dusun Neglasari, Desa Hujungtiwu, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dilaporkan terbakar, Rabu (23/10/2019) malam.

Letupan api yang membakar pepohonan kering sudah mulai terlihat dari pukul 16.00 WIB. Namun, sekitar pukul 19.00 WIB, api mulai membesar dan melalap sejumlah pepohonan kering. Kebakaran hebat pun terjadi.

Warga yang dibantu petugas kepolisian dan TNI berjibaku memadamkan api dengan alat seadanya. Akhirnya kebakaran bisa dipadamkan sekitar pukul 21.30 WIB.

Tidak diketahui pasti penyebab dari kebakaran tersebut. Hanya dugaan sementara kebakaran akibat pembakaran sampah warga.

Lalu pada September 2019 lalu, juga terjadi kebakaran lahan di Ciamis, Jawa Barat. Kebakaran tersebut terjadi pada Minggu (1/9/2019) sekira pukul 13.00 WIB. Api diduga berasal dari puntung rokok yang dibuang sembarangan.

Lahan yang terbakar tersebut merupakan tumpukan limbah sabut kelapa di Dusun Cisihung, RT 01 RW 07, Desa Bojongmengger, Kecamatan Cijeungjing milik Yulipah (52).

Diduga pemicu kebakaran berasal dari puntung rokok yang dibuang ke tumpukan limbah sabut kelapa. (Suherman/R7/HR-Online)