Ini Dia Buah Untuk Mencegah Penyakit Jantung yang Terbaik

buah untuk mencegah penyakit jantung
Buah Anggur. Foto: Istimewa

Buah untuk mencegah penyakit jantung atau yang sering dijadikan obat ramuan herbal ternyata banyak ragamnya. Buah untuk mencegah penyakit yang mematikan ini salah satunya adalah anggur merah. Menjalani gaya hidup sehat dan mengkonsumsi buah anggur merupakan cara alami yang ampuh. Apalagi buah ini cukup murah dan mudah diperoleh.

Penyakit jantung telah menjadi penyakit paling mematikan di dunia saat ini. Bahkan angka kematian akibat penyakit ini terus meningkat. Begitu juga dengan pengobatannya jauh tertinggal dengan angka kasusnya yang terus bertambah.

Bukanlah hal yang mudah untuk mengatasi dan mengobati penyakit jantung. Terlebih jika pola hidup yang dijalani bukannya menjaga tetapi malah memperburuk kesehatan jantung. Makanya perlu tahu cara mencegahnya. Namun sebaiknya gunakan buah untuk mencegah penyakit jantung agar tidak ada efek samping.

Di tengah kehidupan modern rasanya makin tidak mudah menjaga kesehatan jantung. Pola konsumsi yang sulit dijaga ditengah serbuan makanan instan yang jauh dari sehat. Terlebih aktivitas kerja yang makin menyita waktu.

Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati

Jantung adalah organ tubuh yang paling vital peran dan fungsinya. Jantung bukan hanya mengatur peredaran darah ke seluruh tubuh namun juga sangat menentukan fungsi dan peran organ tubuh lainnya.

Jika terjadi gangguan pada fungsi jantung, maka organ tubuh lainnya juga akan terpengaruh dan terganggu. Karena itulah cara paling efektif menjaga kesehatan tubuh adalah dengan menjaga kesehatan jantungnya.

Sudah banyak dokter dan ahli medis yang memberikan nasehat tentang pentingnya menjalani gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan jantung. Terutama dengan menjaga konsumsi makanan sehat yang bernutrisi.

Gaya hidup sehat juga bisa dilakukan dengan rajin melakukan olah raga secara teratur. Selain itu juga penting untuk menjaga kesehatan mental agar terhindar dari stress dan tekanan kantor dan lingkungannya.

Manfaat Anggur Merah Buah untuk Mencegah Penyakit Jantung

Selain dengan menjalani gaya hidup sehat sebenarnya masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Salah satunya dengan memilih dan mengkonsumsi makanan dan buah untuk mencegah penyakit jantung.

Jenis buah yang sangat direkomendasikan untuk jantung adalah anggur merah. Buah ini terkenal sebagai bahan untuk membuat minuman anggur. Rose wine atau red wine adalah jenis anggur merah yang paling poopuler.

Buah anggur merah ternyata sangat kaya nutrisi yang amat penting untuk kesehatan jantung. Bahkan kandungan energi buah ini sangat tinggi, yaitu 93 kalori dan karbohidratnya 10,5 gram.

Anggur merah juga kaya dengan vitamin C sebanyak 13 mg, vitamin A (70 RE), vitamin B1 (0,05 mg) dan vitamin B2 (0,05 mg).

Buah berbentuk bulat ini juga kaya mineral, seperti kalsium (16 mg), zat besi (0,8 mg), fosfor (24 mg), dan niacin (0,9 mg). Kandungan lemak buah ini cukup rendah yaitu 6,2 gram.

Hasil penelitian Univeritas Washington, Amerika Serikat membuktikan khasiat anggur merah sebagai buah untuk mencegah penyakit jantung. Hal ini karena kandungan fitokimia dan resveratrol-nya yang mampu menekan dan mengatasi angiogenesis.

Angiogenesis merupakan faktor yang dapat menyebabkan penebalan pada dinding arteri. Jika dinding arteri menebal maka dapat mengganggu aliran darah yang bisa memicu serangan jantung.

Sejumlah penelitian lain juga menemukan kehebatan anggur merah dalam menangkal beragam penyakit degeneratif lainnya, khususnya penyakit jantung dan diabetes. Termasuk kebiasaan minum anggur merah yang mampu memperbaiki kerja jantung.

Dengan memperhatikan manfaat buah untuk mencegah penyakit jantung dan menangkal penyakit mematikan lainnya tak ada salahnya untuk memasukkannya dalam menu diet anda.

Dengan menambahkan anggur merah dalam program diet yang didukung dengan pola makan dan gaya hidup sehat diharapkan akan bisa menormalkan tekanan darah dan meningkatkan kualitas kerja jantung.

Selain khasiatnya yang ampuh untuk kesehatan jantung, buah ini ternyata juga efektif untuk menjaga kecantikan kulit. Kandungan resveratrol dan fitokimia dalam anggur merah mampu menghalau kerutan wajah, menghaluskan kulit, dan mencegah penuaan dini.

Dengan kandungan nutrisinya yang sangat baik untuk kesehatan, sudah saatnya juga memasukkan buah untuk mencegah penyakit jantung ini dalam menu diet anda. (R9/HR-Online)

Loading...