Cara Mengetahui Mobil Irit atau Boros Bahan Bakar dengan Mudah dan Akurat

Cara Mengetahui Mobil Irit
Ilustrasi pengukur bahan bakar pada mobil. Foto: Istimewa

Setiap pemilik mobil pasti merasa penasaran dengan cara mengetahui mobil irit atau boros bahan bakar. Dengan mengetahuinya, maka pemilik mobil bisa lebih bijak dalam menggunakannya.

Sebenarnya, petunjuk konsumsi bahan bakar sudah disediakan oleh pabrikan. Hanya saja, tak sedikit pemilik mobil yang ingin mengeceknya sendiri dengan cara manual.

Cara Mengetahui Mobil Irit atau Boros Bahan Bakar

Untuk mengecek apakah mobil irit atau boros bahan bakar, sebenarnya sudah ada metode full to full. Metode ini cukup mudah diikuti dan sudah dibuktikan oleh banyak pemilik mobil.

Bagi anda yang juga ingin mengetahui mobil anda masuk ke dalam kategori irit atau boros bahan bakar, ada baiknya anda simak ulasan berikut.

Isi Bahan Bakar Sampai Penuh

Metode full to full dilakukan dengan mengisi bahan bakar sampai penuh. Bukan tanpa alasan. Anda harus mengisi bahan bakarnya sampai penuh agar memudahkan dalam penghitungannya.

Dalam mengisi bahan bakar, alangkah baiknya jika anda melakukannya saat pagi hari sebelum beraktivitas. Setelah isi BBM, jangan lupa untuk mencatat berapa kilometer odometer atau penunjuk jarak tempuhnya.

Angka yang ada di odometer bisa anda beri lambang A sebagai kilometer awal. Misalnya saja ada di angka 3.000 kilometer.

Mulai Beraktivitas

Usai mengisi bahan bakar sampai penuh, anda bisa memulai aktivitas sehari-hari. Gunakan mobil untuk berangkat kerja, mengantar anak ke sekolah, kuliah dan lain sebagainya.

Cara mengetahui mobil irit atau boros BBM ini jangan disepelekan. Dengan menggunakan mobil untuk menjalankan rutinitas sehari-hari, anda bisa menghitung konsumsi bahan bakarnya.

Isi Bahan Bakar Lagi

Setelah digunakan seharian, anda bisa mengisi bahan bakarnya lagi. Dengan mengisi untuk kedua kalinya, anda bisa tahu selisih pemakaian bahan bakar.

Dalam mengisi bahan bakarnya lagi, anda perlu mencatat berapa liter BBM yang diisi. Misalnya saja, isi bahan bakar mobil sebanyak 30 liter.

Jumlah liter BBM bisa anda ketahui dari meteran di SPBU. Banyaknya liter bahan bakar yang diisi tersebut bisa anda beri lambang L.

Selain banyaknya liter bahan bakar yang diisikan, anda juga harus mencatat berapa kilometer odometer anda. Misalnya saja menjadi 3.500 kilometer. Anda beri lambang B.

Rumus

Cara mengetahui mobil irit atau boros bahan bakar bisa mudah dilakukan dengan memanfaatkan rumus (B-A):F. Dari data yang didapat, kilometer akhir dikurangi kilometer awal dan dibagi indikator konsumsi bahan bakarnya.

Seperti yang diketahui, kilometer awalnya (A) sebesar 3.000 km. Kemudian untuk kilometer akhirnya (B) sebesar 3.500 km. Sementara untuk banyaknya liter pada pengisian kedua sebesar 30 liter.

Jadi, cara mengetahui mobil irit atau boros BBM bisa dihitung dengan (3.500-3.000):30. Hasil yang didapat sebesar 16,6 km/liter.

Dari hasilnya, anda bisa mengetahui bahwa mobil memiliki rata-rata jarak tempuh 16,6 kilometer dengan satu liter bahan bakar.

Penghitungan konsumsi bahan bakar ini bisa ditulis dengan rasio 1:16. Perlu untuk anda pahami bahwa penghitungan ini tak langsung akurat.

Agar hasil yang didapat benar-benar akurat, anda harus melakukannya sebanyak dua sampai tiga kali. Selain itu, pertimbangkan segala faktor yang ada.

Adapun faktor tersebut meliputi jumlah barang yang dibawa, jumlah penumpang yang ada di dalam mobil dan kemacetan.

Cara Hemat Bahan Bakar Mobil

Setelah cara mengetahui mobil irit atau boros BBM, alangkah baiknya jika anda juga memahami cara menghemat pemakaian bahan bakarnya.

Dengan anda lebih irit bahan bakar mobil, anda tentu saja dapat menghemat pengeluaran. Adapun beberapa caranya ialah sebagai berikut.

Gunakan Oli Sintetis

Salah satu cara untuk menghemat konsumsi BBM yaitu menggunakan oli sintetis. Perlu untuk anda ketahui bahwa oli sintetis bisa menghemat pemakaian bahan bakar hingga 5%.

Selain itu, penggunaan oli sintetis juga memungkinkan penggantian olinya bisa lebih jarang. Anda pun bisa semakin irit pengeluaran pastinya.

Berdasarkan Cara Mengemudi

Cara mengemudikan mobil juga berpengaruh terhadap pemakaian bahan bakarnya. Agar hemat BBM, anda bisa kemudikan mobil sesuai dengan batas kecepatan yang ditentukan.

Selain itu, tambah kecepatan secara bertahap. Pasalnya, menginjak pedal gas secara cepat bisa membuat konsumsi BBM menjadi lebih besar.

Cara mengetahui mobil irit atau boros sangatlah penting bagi setiap pemilik mobil. Setelah itu, ketahui juga trik menghemat konsumsi bahan bakarnya agar irit pengeluaran. (R10/HR-Online)

Loading...
Loading...