Cari Bibit Atlit, Disdikpora Pangandaran Menggelar Lomba Dayung

Cari Bibit Atlit, Disdikpora Pangandaran Gelar Lomba Dayung
Penyerahan hadiah kepada juara lomba dayung yang digelar Disdikpora Kabupaten PAngandaran. Photo : Entang SR/HR.

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Untuk mencari bibit atlit cabang olahraga dayung, Disdikpora Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, menggelar lomba dayung dari mulai kategori tingkat sekolah menengah pertama (SMP) hingga kategori umum, Sabtu (12/10/2019).

Lomba olahraga dayung tersebut menjadi yang pertama kalinya digelar di Kabupaten Pangandaran, dengan memanfaatkan embung yang dibangun oleh Kementerian Kelautan RI.

“Dengan adanya embung Kementerian Kelautan, kita selenggarakan lomba dayung ini,” kata Yayan, salah seorang pegawai Dikpora Kabupaten Pangandaran, yang juga salah satu panitia lomba dayung, kepada HR Online.

Yayan juga menjelaskan, bahwa lomba dayung yang digelar tiada lain untuk mencari bibit atlit berbakat di bidang olahraga dayung, mulai dari tingkat SMP, SMA, SKPD dan umum.

Pihaknya pun mengaku bersyukur, lomba dayung yang dibuka langsung oleh Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata, mendapat antusias warga yang cukup tinggi.

Sementara itu, Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata, dalam sambutannya mengatakan, pemerintah berharap ke depan Kabupaten Pangandaran bisa mengirimkan atlit dayung untuk ikut di arena lomba, baik Kejuaraan Daerah (Kejurda) maupun di tingkat lainnya.

Dari hasil lomba dayung yang digelar Disdikpora Kabupaten Pangandaran itu, untuk kategori SMP, juara 1 diraih SMPN 1 Cijulang, juara 2 SMPN 2 Pangandaran, juara 3 SMPN 1 Cijulang, dan juara 4 diraih SMPN 2 kalipucang.

Untuk kategori SMA/SMK, juara 1 diraih SMAN 1 Pangandaran, juara 2 SMKN 1 Cijulang, juara 3 SMAN 1 Pangandaran, dan juara 4 SMK Ma’arif Cijulang.

Kemudian, untuk kategori SKPD, juara 1 dirauh tim KONI 1, juara 2 tim Poltek 3, juara 3 tim Korwil Kalipucang 1, dan juara 4 tim tenaga pengajar SMAN 1 Pangandaran. Sedangkan, untuk kategori umum, tim Jaga Lembur 5 meraih juara 1, tim Nusa Gede juara 2, tim Jaga Lembur 7 juara 3, dan tim Jaga Lembur 3 meraih juara 4.

Masing-masing juara lomba berhak mendapatkan hadiah yang disiapkan oleh pihak panitia, yakni untuk juara 1 piala plus uang pembinaaan Rp 1 juta, juara 2 piala plus uang pembinaan Rp 750 ribu, juara 3 piala plus uang pembinaan Rp 500 ribu, dan juara 4 atau juara harapan mendapatkan piala plus uang pembinaan sebesar Rp 250 ribu.

Sementara itu, Korwil Padaherang, Endang Mulyono, mengaku bangga meskipun tim Korwil Padaherang kalah. Namun menurutnya, kekalahan merupakan sebuah pelajaran untuk kedepannya supaya lebih baik lagi.

“Memang untuk lomba yang satu ini baru diikuti oleh peserta dari guru di Padaherang. Kami tentunya sangat mendukung kegiatan lomba dayung yang digelar oleh Disdikpora,” kata Endang. (Ntang/R3/HR-Online)

Loading...