Daftar HP Tak Bisa Gunakan WhatsApp Lagi, Buruan Cek HP Anda!

daftar HP tak gunakan WhatsApp
Ilustrasi. Foto: Istimewa/Net

Daftar HP Tak bisa gunakan WhatsApp lagi diumumkan WhatsApp dalam laman FAQ.

Pembaharuan yang dilakukan WhatsApp (WA) membuat sejumlah ponsel tak bisa lagi menggunakan  aplikasi pesan instan ini.

Dalam halaman FAQ (Frequently Asked Questions) WA mengumumkan system operasi pada sejumlah ponsel yang tidak akan lagi bisa menggunakan WhatsApp, setidaknya mulai akhir tahun 2019 atau awal tahun 2020.

Walau dikatakan akan benar-benar berhenti beroperasi pada akhir tahun 2019, namun WhatsApp mengungkap, fitur-fitur WhatsApp pada sejumlah ponsel ini bisa berhenti kapan saja tanpa ada pemberitahuan sebelumnya atau bisa terjadi sewaktu-waktu.

Daftar HP tak bisa gunakan WhatsApp lagi, termasuk di dalamnya HP yang mendukung versi tertentu dari OS Android termasuk juga iOS atau system yang digunakan pada iPhone.

Sebelumnya pihak WhatsApp sudah merilis BlackBerry dan Windows Phone, termasuk dalam daftar HP tak bisa gunakan WhatsApp.

Berikut daftar selengkapnya:

Windows Phone termasuk Windows 10 Mobile

Ponsel dengan basis Windows Phone bakal tidak bisa menggunakan WhatsApp pada 31 Desember 2019. Hal ini termasuk juga versi Windows 10 Mobile.

Sejak akhir tahun 2017, Microsoft sebenarnya sudah meninggalkan OS Windows Phone. Microsoft bahkan meminta para loyalis Windows Phone untuk beralih ke iOS ataupun Android.

Android versi 2.3.7

Pengguna smartphone Android merupakan pengunduh WhatsApp terbesar. Nyatanya, beberapa ponsel berbasis OS Android versi lawas bakal tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp, yakni Android dengan versi 2.3.7.

Sistem Operasi yang dikenal sebagai ‘Gingerbread’ ini bakal tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp mulai 1 Februari 2020.

Namun, dari keseluruhan pengguna Android, hanya 0,3 persen saja yang masih menggunakan Android versi 2.3.7 yang dikeluarkan pada tahun 2010 ini.

iOS 7

Para pengguna iPhone yang menjalankan iOS 7 juga dikabarkan tidak lagi bisa menggunakan WhatsApp.

Seperti halnya, Android versi 2.3.7, iPhone dengan iOS 7 bakal tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp mulai 1 Februari 2020.

Daftar HP tak bisa gunakan lagi WhatsApp keluaran iPhone, yakni iPhone 4, iPhone 3G S, iPhone 3G dan iPhone.

Sebelumnya, WhatsApp juga sudah menghentikan dukungannya pada sejumlah ponsel, yakni ponsel dengan OS Android 2.3.3 dan iOS 6, serta BlackBerry OS.

Namun, selain OS yang dihentikan dukungannya, ada juga OS baru yang didukung oleh WhatsApp, yakni yakni KaiOS 2.5.1+.

KaiOS merupakan penerus OS Firefox yang sebelumnya dihentikan oleh Mozilla. KaiOS ini merupakan system operasi dengan basis arsitektur ARM.

Jika ponsel Anda termasuk yang menggunakan system operasi di atas, lalu apa yang bisa dilakukan?

WhatsApp menulis dalam laman dukungannya agar Anda memperbarui system operasi pada ponsel Anda ke versi terbaru.

Pihak WhatsApp juga mengingatkan bagi pengguna perangkat yang sudah dimodifikasi seperti jailbreak atau unlocked, modifikasi yang dilakukan bakal berdampak pada fungsi perangkat tersebut.

Sehingga WhatsApp menegaskan, tidak lagi mendukung perangkat dengan system operasi iPhone yang sudah di-jailbreak maupun iPhone yang sudah di-unlocked.

Nah, itulah daftar HP tak bisa gunakan WhatsApp lagi. Buruan cek HP Anda, jika menggunakan system operasi di atas, segeralah memperbaruinya system operasinya ke versi terbaru, sesuai saran WhatsApp. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...
Loading...