Dekat dengan Kantor Desa, Rumah Seorang Nenek di Ciamis Ini Nyaris Ambruk

Rumah Nyaris Ambruk
Rumah nyaris ambruk milik Sarikem (50), warga Dusun Cikohkol, RT 04 RW 02, Desa Sukasari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Rumah nyaris ambruk milik Sarikem (50), warga Dusun Cikohkol, RT 04 RW 02, Desa Sukasari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat tak mendapat bantuan. Padahal letak rumah nenek Sarikem ini berdekatan dengan kantor Desa Sukasari.

Faktor ekonomi membuat Sarikem tidak mampu untuk membetulkan rumahnya yang nyaris ambruk. Sarikem pun berharap mendapat bantuan Rutilahu (Rumah Tidak Layak Huni) dari pemerintah.

Berdasarkan informasi dari lapangan, pekerjaan Sarikem dalam kesehariannya hanyalah sebagai buruh serabutan. Sekali-kali ia pun menawarkan jasa untuk bekerja sebagai tukang cuci baju yang upahnya pun jauh dari cukup.

“Saat ini saya hanya bisa bersabar meski kondisi rumah saya ini nyaris ambruk. Mau gimana lagi, masa saya harus ngemis ngemis agar rumah saya ini bisa diperbaiki?” katanya, Kamis (03/10/2019).

Penjabat Kepala Desa Sukasari, Iyon Zain Triyono, membenarkan akan kondisi keluarga Sarikem. Menurut dia, dirinya baru mengetahui saat berkeliling menjumpai warganya.

“Saya kan baru sebulan menjabat sebagai kepala desa di Sukasari ini, saya juga sempat kaget ketika sedang keliling kampung melihat ada rumah warga yang kondisinya seperti ini. Insya Allah kami akan membuat proposal untuk meminta bantuan ke Dinas Sosial,” katanya.

Lebih kaget lagi kata Iyon, rumah nyaris ambruk milik Sarikem ini jaraknya tidak jauh dari kantor Desa. Dirinya mengaku sangat prihatin.

“Prihatin juga sih, mudah-mudahan kami dapat mencarikan solusi untuk masalah ini,” terangnya.

Masih dikatakan Iyon, selain rumah milik Sarikem, masih ada rumah warga lainnya yang dalam kondisi memprihatinkan.

Rumah milik Waryadi, warga Dusun Cikohkol, RT 01, RW 02, Desa Sukasari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis yang diperbaiki atas bantuan warga. Foto: Suherman/HR

Rumah yang dimaksud Iyon adalah rumah milik Waryadi, warga Dusun Cikohkol, RT 01, RW 02, Desa Sukasari, yang kondisinya lebih parah dibanding rumah milik Sarikem.

“Bahkan akibat terlalu parah kerusakannya, warga di sana kemarin melakukan gotong royong membongkar rumahnya. Alhamdulillah dari keterangan ketua RT-nya, ada beberapa warga yang ikut nyumbang untuk membangun rumah milik Waryadi,” terang Iyon.

Selain mendapat bantuan dari warga, Waryadi juga mendapat bantuan dari pihak SDN 1 Sukasari yang memberikan bantuan material bekas rehab sekolah.

“Alhamdulillah meski material bekas namun masih layak untuk dimanfaatkan,” katanya. (Suherman/R7/HR-Online)