Dibalik Manfaatnya, Kenali Bahaya Es Batu Untuk Wajah

bahaya es batu untuk wajah
Ilustrasi penggunaan es batu untuk wajah. Foto: Istimewa

Meskipun manfaat es batu sudah banyak diketahui, namun tahukah anda apa saja bahaya es batu untuk wajah? Bahaya es batu ini malah bisa makin meningkat jika penggunaanya dilakukan berlebihan dan asal-asalan. Selama ini kita mengenal es batu lebih sering untuk mendinginkan minuman agar terasa lebih segar.

Namun ternyata dibalik balok air yang dibekukan itu juga banyak gunanya untuk kesehatan dan perawatan kecantikan.

Dibaliknya beragam manfaat es batu untuk kesehatan, benarkah es batu juga baik untuk wajah dan apakah ada efek samping atau bahaya es batu untuk wajah?

Beragam Manfaat Es Batu Untuk Wajah

Dalam pengobatan China, manfaat es batu untuk kesehatan telah dilakukan sejak lama. Khususnya dalam meredakan gangguan kesehatan maupun untuk pengobatan terapi.

Cara yang umum dilakukan terapi China adalah dengan meletakkan es batu di titik ‘Feng Fu’. Titik ini berada di leher belakang tepat di bawah tengkorak yang dikenal sebagai tempatnya angin masuk.

Dibalik bahaya es batu untuk wajah, ternyata terdapat manfaat es batu untuk kesehatan yang bisa anda coba lakukan.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Salah satu manfaat es batu yang cukup populer adalah untuk meredakan ketegangan dan stress sekaligus untuk meningkatkan kualitas tidur. Dengan meletakkan as batu di titik Feng Fu.

Mengurangi Rasa Sakit

Es batu juga berkhasiat untuk meredakan rasa sakit, mengatasi otot yang kram, atau mengurangi sakit akibat gigitan nyamuk. Es batu juga berguna melancarkan sirkulasi darah terutama setelah tubuh mengalami benturan.

Mengatasi Pembengkakan

Memang terdapat bahaya es batu untuk wajah. Namun apabila wajah atau bagian tubuh lainnya mengalami bengkak karena berbagai sebab, justru efek es batu akan jadi bermanfaat. Salah satu cara menggunakan es batu untuk meredakan bengkak adalah dengan mengompreskan pada bagian tubuh yang sakit atau bengkak.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat es batu lainnya untuk mengatasi sakit perut, perut kembung, dan mengatasi gangguan pencernaan. Caranya adalah dengan meletakkan es batu di titik Feng Fu.

Meredakan Gejala Premenstrusi

Rasa sakit yang muncul saat PMS (Premenstrual Syndrome) ternyata bisa diatasi dengan es batu. Meletakkan es batu di titik Feng Fu yang dikenal dalam pengobatan China juga berguna meringankan gejala PMS tersebut.

Waspadai Bahaya Es Batu untuk Wajah

Selain manfaatnya yang cukup banyak untuk kesehatan, anda juga perlu mewaspadai efek samping es batu untuk wajah. Penggunaan es batu dalam perawatan kecantikan ini sebaiknya dilakukan secara hati-hati.

Manfaat es batu untuk wajah dikenal luas khususnya oleh wanita. Diantaranya untuk mengatasi jerawat, mengatasi mata panda, untuk mengecilkan pori-pori wajah, ataupun menghalau kerutan pada wajah.

Dalam perawatan wajah ini umumnya dilakukan wanita pada pagi hari ataupun sebelum tidur maupun. Bahkan tak sedikit ahli kecantikan yang menyarankan untuk menggunakan es batu dalam perawatan wajah.

Perawatan kulit wajah dengan es batu akan menjadikan wajah menjadi semakin segar, halus, kencang, dan lebih cantik. Perawatan yang dilakukan secara teratur juga berguna untuk membuat kulit wajah lebih sehat.

Berikut sejumlah efek samping dan bahaya es batu untuk wajah yang sebaiknya anda tahu dan hindari.

Membuat Kulit Sangat Kering

Para wanita yang memanfaatkan es batu untuk melembabkan dan mencerahkan wajah tak jarang melakukannya dengan ceroboh. Padahal penggunaan es batu secara berlebihan justru bisa menyebabkan kulit menjadi sangat kering atau mengelupas.

Menyebabkan Peradangan Kulit

Penggunaan es batu untuk wajah juga bisa menyebabkan terjadinya peradangan pada kulit wajah. Kulit bukannya makin cerah namun akan memerah karena meradang. Segera hentikan jika warna kulit berubah.

Memicu Pecahnya Kapiler Bawah Kulit

Es batu yang digosokkan langsung pada kulit juga berisiko, termasuk dapat menyebabkan kapiler yang ada di bawah kulit mudah pecah. Apalagi jika es batu menempel agak lama pada kulit.

Itulah berbagai bahaya es batu untuk wajah yang sebaiknya anda tahu. Jika anda ingin mendapat manfaat es batu untuk wajah secara optimal sebaiknya gunakan plastik untuk membungkus es batu sebelum digunakan. (R9/HR-Online)

Loading...