Dicari 4 Hari, Nelayan Tenggelam di Perairan Bojongsalawe Pangandaran Akhirnya Ditemukan

nelayan tenggelam di Perairan bojongsalawe
Tim SAR Gabungan mengevakuasi jasad Elan Suherlan, korban yang tenggelam di Perairan Bojongsalawe, Kabupaten Pangandaran, Sabtu (5/9/2019). Foto: Enceng/R7

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Nelayan tenggelam di Perairan Bojongsalawe, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat akhirnya ditemukan, Sabtu (5/10/2019) sekitar pukul 07.45 WIB.

Elan Suherlan (47) nelayan tenggelam di Perairan Bojongsalawe, Desa Karangjaladri, Kabupaten Pangandaran tersebut, dilaporkan tenggelam pada Selasa, 1 Oktober 2019 lalu.

Pencarian pun dilakukan selama 4 hari oleh Tim SAR Gabungan yang terdiri dari BPBD Kabupaten Pangandaran, Polairud Kabupaten Pangandaran, Pos TNI AL Kabupaten  Pangandaran, Vertical Rescue, SAR MTA, SAR Pangandaran dan Nelayan setempat.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung, Deden Ridwansah mengatakan, Tim SAR gabungan akhirnya berhasil menemukan korban atas nama Elan Suherlan.

“Korban ditemukan 1 Kilo Meter dari lokasi kejadian, Tim SAR mengangkat korban dan langsung dievakuasi ke Puskesmas Parigi,” ucapnya.

Deden menambahkan, Tim SAR Gabungan melakukan pecarian selama 4 hari di sekitar perairan Bojongsalawe dengan luas area pencarian 3,7 Kilo Meter dengan menggunakan dua unit kapal nelayan.

Pada saat ditemukan, lanjut Deden, korban sudah dalam keadaan meninggal dengan muka lecet, sementara kulit pada pergelangan tangannya mengelupas. Sedangkan, kondisi mata, telinga, dan hidung korban masih utuh.

“Setelah dievakuasi, kami membawanya ke Puskesmas Parigi untuk dilakukan otopsi, dari sana diketahui tidak ada tanda-tanda penganiayaan, murni meninggal karena tenggelam,” terangnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan, korban langsung diserahkan kepada keluarganya untuk dilakukan pemakaman.

“Dengan sudah ditemukannya korban,  maka Tim SAR gabungan menutup operasi pencarian dan kembali ke unitnya masing-masing,” katanya.

Nelayan Tenggelam di Perairan Bojongsalawe Lantaran Berusaha Tolong Teman

Pemberitaan sebelumnya, seorang nelayan Pangandaran tenggelam di Bojong Salawe, Desa Karangjaladri, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Selasa (1/10/2019) malam.

Korban bernama Elan Suherlan (47), warga Dusun Batukaras, RT 13, RW 06, Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran.

Berita Terkait: Niat Tolong Teman, Nelayan Pangandaran Tenggelam di Perairan Bojong Salawe

Nelayan Pangandaran tenggelam ketika hendak menolong perahu temannya yang dihantam ombak. Elan bersama kedua temannya Wawan dan Karsidin berusaha menolong perahu di belakangnya.

Elan memutuskan untuk menolong perahu tersebut dengan berenang menghampiri perahu yang sedang tenggelam di tengah perairan Bojong Salawe.

Namun ketika Elan Suherlan hendak menolong, ombak besar datang dan menimpa perahu tersebut sehingga Elan terhempas dan tenggelam, sementara dua orang yang ditolongnya Jajang dan Abdul Matin selamat. (Enceng/R7/HR-Online)