Diduga Sengaja Dibakar, 4 Hektar Lahan di Pangandaran Kebakaran

Sengaja Dibakar
Petugas saat memadamkan lahan yang terbakar di Selasari, Parigi. Foto: Istimewa

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Seluas 4 hektar lahan di Dusun Cikawung, Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran dilaporkan terbakar. Peristiwa ini diduga sengaja dibakar dilakukan untuk pembersihan lahan.

Pandu, salah seorang petugas dari BPBD Kabupaten Pangandaran, mengungkapkan, setelah pihaknya melakukan pemadaman, pendinginan serta olah TKP, kejadian tersebut diduga sengaja dibakar oleh pemilik yang bernama Sutisna Elan untuk membersihkan lahan.

“Karena apinya semakin membesar, kami sempat kesulitan memadamkannya. Namun alhamdulillah setelah 1 jam berjuang, akhirnya api pun bisa padam,” katanya kepada HR Online, Kamis (10/10/2019).

Atas kejadian ini, ia mengimbau agar pemilik lahan maupun warga supaya tidak membakar lahan sembarangan meski milik sendiri. Pasalnya, dampak kebakaran bisa fatal dan membahayakan bagi diri sendiri dan orang lain.

“Kita ingatkan masyarakat agar tidak membakar lahan yang berpotensi membahayakan bagi warga lainnya. Apalagi di musim kemarau ini rawan sekali,” pungkasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, warga dikejutkan kobaran api yang semakin membesar di lahan tersebut. Sontak saja warga di sekitar lokasi berusaha memadamkan api dengan alat seadanya, kemudian dijinakkan oleh Damkar dari BPBD Kabupaten Pangandaran. (Ntang/R6/HR-Online)