Disnakan Ciamis Salurkan 3000 DOC Ayam Sentul

Disnakan Ciamis Salurkan 3000 DOC Ayam Sentul

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dinas Peternakan dan Perikanan/ Disnakan Kabupaten Ciamis menyalurkan bantuan 3000 DOC (Day Old Chicken) ayam Sentul kepada tiga kelompok peternak di tiga kecamatan.

Sekretaris Disnakan Ciamis, H. Otong Bustomi, ketika ditemui HR Online, Kamis (15/102019), menjelaskan, bibit ayam Sentul tersebut berasal dari Balai Pembibitan Ternak Unggas Jatiwangi.

Otong menuturkan, pengembangan bibit sentul murni ini itujukan untuk meningkatkan populasi ayam sentul di kalangan masyarakat. Dengan begitu, penyebaran  turunan ayam Sentul dapat berkembang.

“Dan ayam sentul merupakan ayam khas Ciamis,” katanya,

Menurut Otong, ayam khas Ciamis ini bisa dikembangkan sampai 4 generasi. Selain itu, telur ayam Sentul lebih banyak dengan kualitas daging lebih gurih.

“Tujuan pemberian bantuan kepada kelompok ini, salah satunya meningkatkan konsumsi protein hewani di masyarakat. Dan menambah pendapatan masyarakat, sehingga mendorong peningkatan IPM Ciamis,” katanya.

Tahun lalu, Otong menambahkan, pihaknya sudah menyalurkan sekitar 7000 ribu DOC di 7 desa. Saat ini, hasilnya program pemberian bantuan tersebut sudah ada perkembangan.

“Di tahun 2019 ini, penyaluran DOC dilakukan kepada kelompok Armada Desa Cimari, kelompok Jaya Abadi Desa pamalayan, kelompok Salawargi Desa Beber,” katanya.

Pada kesempatan itu, Otong berharap, pemberian bibit ayam Sentul ini bisa dimanfaatkan dengan baik, sehingga populasi ayam sentul bisa berkembang di masyarakat.

“Kelompok penerima bantuan juga bisa mandiri dan berkembang, sehingga tidak hanya mengharapkan bantuan semata dari pemerintah,” pungkasnya. (Fahmi/R4/HR-Online)

Loading...