Fungsi Sirip Hiu di Mobil Lengkap Dengan Cara Pemasangannya

fungsi sirip hiu di mobil
Fungsi sirip hiu yang berada di mobil. Foto: Istimewa

Fungsi sirip hiu di mobil bukan hanya sebagai pemanis tampilan saja, akan tetapi lebih dari itu. Namun sebelum membahas fungsinya, ada baiknya jika anda pahami dulu pengertiannya.

Sirip hiu atau yang juga dikenal dengan shark fin adalah aksesoris pengganti antena yang saat ini semakin mudah ditemukan pada mobil.

Sesuai dengan namanya, sirip hiu mempunyai bentuk yang memang mirip dengan salah satu bagian yang ada di binatang laut ini.

Fungsi Sirip Hiu di Mobil

Bukan rahasia lagi jika sirip hiu memiliki fungsi dalam meningkatkan estetika eksterior mobil. Hal ini dikarenakan sirip hiu didesain dengan konsep aerodinamis.

Dengan menggunakan sirip hiu, maka tampilan mobil akan terkesan lebih sporty. Anda pun pastinya bisa lebih percaya diri saat mengendarai mobil.

Penggunaan sirip hiu itu sendiri bisa dengan mudah anda temukan pada kendaraan sedan. Sebut saja Toyota Corolla Altis dan Vios.

Selain meningkatkan estetika, fungsi sirip hiu di mobil lainnya yaitu menangkap sinyal. Dengan fungsi tersebut, sirip hiu sangat mendukung kinerja GPS (Global Positioning System) sebagai sistem navigasi mobil.

Tak hanya itu, sirip hiu di mobil juga bisa meningkatkan kinerja fasilitas lainnya. Mulai dari radio dan TV yang seringkali ditempatkan di head unit.

Tidak mengherankan karena sirip hiu ini bisa berperan penting sebagai antena. Suara dan gambar dari media tersebut pun akan lebih jernih.

Penumpang dan pengemudi yang ada di mobil pun bisa menempuh perjalanan secara aman, nyaman dan menyenangkan.

Perihal desainnya, sebagaimana yang sudah sedikit diulas di atas, penangkap sinyal ini didesain dengan model menyerupai sirip ikan hiu pada umumnya.

Dengan desain tersebut, sirip ikan hiu dibekali dengan modul dasar yang ukurannya 16mm. Dengan demikian, fungsi sirip hiu di mobil bisa lebih optimal.

Mengenai penempatannya, sirip ikan hiu diletakkan di atap mobil. Sirip hiu ini dirancang sesuai dengan kelengkungan atap mobil.

Dalam bentuk yang tipis dan runcing, sirip hiu tak akan menurunkan kualitas mobil. Justru adanya sirip hiu bisa membuat mobil terkesan semakin berkelas.

Cara Pasang Sirip Hiu di Mobil

Setelah anda mengetahui fungsi sirip hiu di mobil, ada baiknya jika anda menerapkannya pada mobil kesayangan anda.

Selain ke bengkel, anda sebenarnya bisa memasang sirip hiu sendiri di rumah. Dalam hal ini, anda bisa memulainya dengan menyiapkan segala perlengkapannya.

Adapun perlengkapan yang perlu anda siapkan meliputi mur, lem, obeng dan satu set sirip hiu pastinya. Tak perlu ragu mencoba karena caranya terbilang sederhana.

Langkah pertama yang perlu anda lakukan yaitu mengukur dengan kertas yang bisa ditemukan di satu set sirip hiu tersebut.

Pastikan letaknya berjajar lurus dengan mobil. Agar posisinya tak miring, anda bisa memanfaatkan plester yang memudahkan pemasangannya.

Jika sudah, anda bisa cermati kabel yang ada di bagian bawah sirip hiu. Di ujung kabel tersebut ada ring yang bisa dipasang pada antena.

Langkah selanjutnya, anda bisa mur ring menggunakan obeng. Lalu lepaslah lem yang ada di sirip hiu tadi. Tempelkan dan pastikan merekat secara sempurna untuk mengoptimalkan fungsi sirip hiu di mobil.

Setelah lem mengering, sirip hiu sudah bisa difungsikan sebagaimana mestinya. Anda pun bisa langsung mengecek kinerjanya.

Sekilas Tentang Sirip Hiu

Teknologi yang satu ini dibuat dengan cast steel base, ABS dan polycarbonate polymer yang berkualitas. Pada dua sisinya terdapat elemen radiasi yang berdiri tegak di bagian tengah antena.

Penggunaan teknologi ini mulai populer pada abad 21 di Eropa. Dimana model mobil yang pertama kali menerapkannya yaitu BMW 3-series (E46).

Dalam penggunaannya, teknologi sirip hiu ini sudah menyediakan frekuensi yang bermanfaat untuk telepon selular. Seiring perkembangan teknologi, sirip hiu saat ini semakin canggih.

Perlu untuk anda pahami, tak semua benda berbentuk sirip hiu di atas mobil dikategorikan sebagai antena. Pasalnya, ada benda sirip hiu di atas mobil balap F1 yang nyatanya bukan antena.

Sirip hiu di atas mobil balap F1 tersebut berfungsi sebagai tambahan downforce dan meminimalisir hambatan udara ketika berada di tikungan.

Setelah mengetahui apa saja fungsi sirip hiu di mobil dan teknik pemasangannya, tak ada salahnya jika anda menghadirkan teknologi ini pada mobil kesayangan anda. (R10/HR-Online)

Loading...