Gamers! Ini Tips Memilih HP Gaming Terbaik

Tips Memilih HP Gaming Terbaik
Tips Memilih HP Gaming Terbaik. Foto: Net/Ist

Tips memilih HP Gaming terbaik untuk para gamer agar tidak lag dan menguras baterai.

Populasi Gamer makin meningkat dari tahun ke tahun. Sejumlah vendor smartphone pun banyak mengeluarkan HP yang ditujukan untuk para gamer. Smartphone ini dibekali dengan spek terbaik. Harganya pun terbilang tinggi hingga menuntut para gamer merogoh kocek lebih dalam lagi.

Namun, tidak semua HP Gaming harus punya spek tinggi dengan harga mahal pula. Beberapa smartphone kelas meneangah dibanderol dengan harga terjangkau dan masih bisa dibuat gaming. Setidaknya tidak melulu spek terbaik, karena yang terpenting adalah kombinasi prosesor dan RAM.

Jika prosesor kelas menengan namun dilengkapi dengan RAM dengan kapasitas besar, maka masih bisa menjalankan game popular semacam PUBG maupun Mobile Legends.

Jika Anda termasuk gamer yang menginginkan HP Gaming terbaik, ada sejumlah faktor yang harus diperhatikan. Berikut tips memilih HP Gaming terbaik:

Ukuran Layar

Pertama yang harus Anda perhatikan adalah ukuran layar. Jika Anda bermain game dengan perangkat computer, tentunya layarnya harus bagus dan resolusinya pun tinggi. Hal ini berlaku juga jika Anda bermain game online di HP Gaming.

Ukuran layar HP yang cocok untuk memainkan game online minimal 5,5 inch. Jika ukuran layarnya lebih besar, hal ini tentu makin baik.

Memilih HP dengan ukuran layar 5,5 inch atau lebih, tentu perkara mudah saja saat ini, karena banyak HP yang dirilis sekarang ini dengan dilengkapi layar berukuran lebar.

Ukuran layar yang cukup lebar ini akan memudahkan Anda mendapatkan sudut pandang yang lebih luas saat bermain game. Namun, mungkin Anda akan kesulitan saat memasukkan HP berukuran lebar ke dalam saku.

Resolusi Layar

Tips memilih HP Gaming terbaik selanjutnya adalah melihat resolusi layar. Masalah resolusi layar pada HP Gaming ini perlu Anda perhatikan, karena semakin tinggi resolusi layar HP maka akan membuat mata Anda semakin nyaman saat bermain game.

Resolusi layar yang disarankan untuk sebuah HP Gaming adalah Full HD 1080p. Resolusi tersebut adalah ukuran minimalnya saja, jadi jika lebih dari itu maka akan lebih baik lagi.

Resolusi layar yang tinggi, akan membuat Anda mendapat gambaran lebih detail dari sebuah game. Namun, kekurangannya dengan resolusi layar yang tinggi akan membuat beban kerja propesor pada HP semakin berat, selain itu juga sangat cepat menguras kekuatan baterai.

Kapasitas RAM

Hal paling penting yang harus Anda perhatikan saat memilih HP untuk gaming adalah kapasitas RAM. Semakin besar RAM tentu performa gaming pun akan lebih maksimal.

RAM berkapasitas 4GB atau lebih sangat disarankan untuk HP yang akan digunakan sebagai HP Gaming. Sebenarnya HP dengan RAM 3 GB juga memungkinkan Anda untuk bermain game onlie, namun dengan RAM 4GB akan membuat Anda lebih nyaman saat bermain.

Dengan kapasitas RAM lebih besar, proses loading akan makin cepat, permainan pun akan lebih stabil. Namun, kapasitas RAM besar biasanya terdapat pada smartphone dengan harga tinggi.

Prosesor dan GPU

Prosesor merupakan otak dari smartphone, karena itu perannya amat penting. Prosesor ini biasanya dilengkapi dengan karti grafis bawaan.

Perusahaan chipset yang digunakan paling banyak adalah Qualcomm dan Mediatek, namun untuk HP kelas gaming, prosesor yang paling banyak dipilih adalah Snapdragon.

Prosesor Snapdragon 625 atau di atasnya, dianggap pilihan terbaik untuk HP kelas menengah. Saat ini prosesor keluaran terbaru Snapdragon 636 dan 660 dianggap pilihan yang mumpuni untuk HP Gaming.

Jika Anda ingin performa HP yang lebih baik untuk bermain game, maka pilihan ada pada prosesor kelas flagship, seperti Snapdragon 845. Namun harganya tentu tidak murah ya.

Dalam masalah prosesor untuk HP Gaming ini, anda perlu memperhatikan juga memori RAM-nya. Propesor harus didukung dengan RAM yang memadai.

Propesor Snapdragon 636 dikombinasikan dengan RAM 3 GB, masih bisa digunakan untuk bermain game online, misalnya game populer PUBG dan Mobile Legends.

Baca Juga: Tips Jitu Main PUBG Biar Dapat Chicken Dinner

Bermain game dengan HP yang memiliki prosesor kelas flagship dijamin akan lancar dan bebas lag. Namun, perlu dipertimbangkan juga masalah harganya.

Kapasitas Baterai

HP yang biasa dimainkan untuk game biasanya baterainya akan terkuras dengan cepat. Terutama jika game-nya memiliki grafis atau daya visual tinggi.

Begitupun dengan game online yang menguras kuota internet, ditambah resolusi layar HP yang tinggi dan prosesor mumpuni, tentu membutuhkan daya baterai yang tinggi.

Untuk mengakalinya, Anda butuh HP dengan daya tahan baterai lama. Misalnya, HP dengan baterai berkapasitas 4000mAh atau lebih cocok untuk bermain game online. Walaupun HP dengan baterai 3000 mAh juga sudah cukup.

Menggunakan HP dengan kapasitas baterai yang mumpuni untuk bermain game, Anda tidak akan terganggu dengan pemberitahun (notifikasi) HP lemah saat sedang asyik-asyiknya main game. Hal ini tentunya membuat Anda tak perlu terus menerus mengisi ulang baterai Anda.

Kekurangan HP dengan kapasitas lebih besar adalah pada ukuran perangkatnya. Karena dengan baterai berkapasitas besar maka butuh ukuran perangkat yang lebih besar juga.

Harga

Faktor yang paling penting dalam memilih HP gaming adalah masalah harga. Anda tentu pernah menginginkan HP dengan spek menggoda namun terhalang oleh budget keuangan Anda.

Dengan penjelasan di atas, Anda memilih HP gaming dengan harga menengah, namun cukup bisa diandalkan untuk bermain game favorit.

Namun, tentu saja ada beberapa keterbatasan jika Anda memilih HP Gaming kelas menengah, seperti lag atau baterai yang cepat habis. Karena itu, pertimbangan harga juga perlu untuk mendapatkan HP Gaming terbaik.

Baca Juga: HP Gaming Murah Terbaru untuk Pecinta Gim, VIVO Z1 Pro Pilihannya

Itulah tips memilih HP Gaming terbaik untuk Anda para gamer agar tidak terjebak lag dan menguras baterai. (Ndu/R7/HR-Online)