Sabtu, Januari 29, 2022
BerandaBerita PangandaranGempa Pangandaran Hari Ini 31 Oktober, Getarannya Sampai Ciamis

Gempa Pangandaran Hari Ini 31 Oktober, Getarannya Sampai Ciamis

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Gempa Pangandaran hari ini, Kamis (31/10/2019), terasa sampai Kabupaten Ciamis dan wilayah sekitar Pangandaran lainnya seperti Cilacap, Jawa Tengah.

Info Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa berkekuatan magnitudo 4,8 SR, terjadi pada pukul 08.56 WIB. Pusat gempa berada di 8,26 Lintang Selatan, 108,23 Bujur Timur, atau 79 kilometer Barat Daya Pangandaran, Jawa Barat.

Gempa Pangandaran hari ini, menurut BMKG terjadi di kedalaman 10 kilometer dan tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Getaran gempa bukan hanya dirasakan warga Pangandaran, namun juga terasa sampai Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, sampai Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Edi salah satu warga Ciamis menuturkan, dirinya sempat panik ketika merasakan Bumi bergoyang. “Saya langsung istigfar dan berlari ke luar, sampai lini (gempa) benar-benar berhenti saya baru berani masuk kembali ke dalam rumah,” ujar Edi.

Sebelum gempa Pangandaran hari ini, sehari sebelumnya, Rabu (30/10/2019) gempa juga terjadi di dua wilayah di Indonesia.

Pertama, gempa mengguncang daerah Yogyakarta dan juga Pacitan, pukul 14.05 WIB. Gempa tersebut berkekuatan magnitude 3,8. Pusat gempa terletak di koordinat 78,56 Lintang Selatan dan 110,66 Bujur Timur.

Gempa di Yogyakarta tersebut berpusat di laut dengan jarak 63 Km Tenggara Gunung Kidul, Yogyakarta pada kedalaman 10 Kilometer. Walaupun terjadi di laut namun BMKG merilis gempa tidak menyebabkan tsunami.

BMKG menyebut gempa Yogyakarta hari kemarin merupakan gempa bumi akibat ada aktivitas lempeng IndoAustralia dan juga lempeng Eurasia.

Gempa juga mengguncang Jailolo, Maluku Utara, pada Rabu (30/10/2019) kemarin. Gempa tersebut berkekuatan magnitudo 5,4 SR.

Pusat gempa Jailolo berada di laut, namun BMKG merilis gempa yang terjadi pada 00.29 WIB tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Lokasi gempa ada di koordinat 1,49 LU (Lintang Utara) dan 126,39 BT (Bujur Timur) atau berada di 23 KM Timur Laut Kota Ambon, dengan kedalaman 10 Kilometer.

Sementara belum ada informasi lebih jauh, apakah gempa Pangandaran hari ini berkaitan dengan gempa di Yogyakarta ataupun gempa Jailolo, Maluku Utara tersebut. (Ndu/R7/HR-Online)

- Advertisment -