Hari Ini Kebakaran Melanda Dua Lokasi di Pangandaran

kebakaran hari ini di Pangandaran
Kebakaran hanguskan lahan di dua lokasi berbeda di Kabupaten Pangandaran, hari ini, Senin (28/10/2019). Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Kebakaran hari ini di Pangandaran, Jawa Barat, menghanguskan lahan di dua lokasi berbeda, Senin (28/10/2019).

Pertama kebakaran terjadi di lahan gambut Blok Unpad, RT 01, RW 02, Dusun Karangkamulyan, Desa Cintakarya, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.

Kedua, kebakaran terjadi di lahan milik warga Dusun Cileweung, Desa Cibuluh, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Di lokasi pertama, kebakaran diduga akibat cuaca panas dan pembakaran sampah secara sembarangan. Akibat kebakaran tersebut, lahan gambut seluas 2 hektar yang lokasinya dekat denegan perkantoran Pemkab Pangandaran, terbakar hebat.

Nana Ruswana, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Kebakaran BPBD Pangandaran mengatakan, lokasi kebakaran medannya curam dan sulit dijangkau. “Kami harus kerja ekstra untuk memadamkan api,” kata Nana.

Banyaknya bahan yang mudah terbakar serta tiupan anggin kencang di lokasi, kata Nana, membuat api dengan cepat menjalar ke area lain.

“Medan yang cukup jauh dan sulit dijangkau karena dari jalan raya ke lahan, jaraknya sejauh 700 meteran, sehingga petugas kami terpaksa menggunakan selang secara sambung menyambung agar api bisa dijinakkan,” terang Nana.

Menurutnya, pemadaman api secara manual tidak efektif, lantaran angin bertiup kencang sehingga membuat ranting dan daun yang kering mudah tersulut api.

“Dugaan awal, api berasal dari pembakaran sampah yang ditinggalkan oleh seseorang hingga akhirnya api merembet ke area lain,” kata Nana.

Sementara itu, kebakaran hari ini di Pangandaran juga membuat kebun milik Kamal Holid dan Tursino, warga Desa Cibuluh, Kecamatan Kalipucang, hangus.

Germanto, Kadus Cileuweung, Desa Cibuluh, saat dihubungi HR Online, mengatakan, sedikitnya 1 hektar lahan ludes terbakar.

“Kejadiannya terjadi di  Blok Pagak RT 09 Dusun Cileuweung, kami sudah sampaikan ke pihak BPBD Pangandaran,” kata Germanto. (Entang/R7/HR-Online)) 

Loading...