Hati-hati! Bupati Ciamis Ingatkan Soal Calo CPNS

Hati-hati! Bupati Ciamis Ingatkan Soal Calo CPNS

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, mengingatkan masyarakat Ciamis yang akan mengikuti seleksi penerimaan CPNS, agar tidak tergoda tawaran calo.

“Masyarakat agar mengikuti test CPNS sesuai mekanisme yang berlaku,” ujarnya, Rabu (09/10/2019).

Herdiat menyebutkan, Pemkab Ciamis membuka Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang rencana pengumumannya dibuka November tahun 2019.

Menurut Hediat, tidak dipungkiri momen penerimaan CPNS ini banyak dimanfaatkan oknum-oknum tak bertanggung jawab yang menjanjikan bisa meluluskan CPNS.

“Sudah banyak kasus percaloan CPNS. Korbannya pun banyak dan tak sedikit keluar uang puluhan juta. Bila ada oknum yang mendekati dan menjanjikan lulus CPNS, sebaiknya hindari, bila perlu laporkan,” ungkapnya.

Herdiat menyebut, saat ini Kabupaten Ciamis membutuhkan sekitar 5.000 PNS. Karena sejak moratorium CPNS tahun 2010, sampai saat ini belum ada pengangkatan CPNS di Ciamis yang maksimal.

Sementara itu, kata Herdiat, sudah ribuan PNS di Ciamis yang pensiun, meninggal dunia, bahkan pindah atau mutasi ke daerah lain.

“Pengangkatan CPNS dibatasi pemerintah pusat. Tahun kemarin saja baru ada pengangkatan CPNS 200 orang. Insyaallah tahun ini kita siap melaksanakan penerimaan CPNS dan anggaran sudah disiapkan di APBD Perubahan,” ucapnya.

Di tempat terpisah, Kepala Bidang Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Pegawai BKPSDM Ciamis,Ihsan Rasyad, menyatakan, Kabupaten Ciamis mengusulkan formasi 600 orang yang diajukan ke pusat. Namun ada masukan untuk perampingan menjadi 336 orang.

“Yang paling dibutuhkan di Ciamis itu tenaga guru,” ungkapnya. (Jujang/R4/HR-Online)