HP Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL, Smartphone Pesaing iPhone 11 Resmi Diluncurkan

HP Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL
HP Google Pixel 4. Foto : net/ist

HP Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL pertama kali diluncurkan di kota New York, Amerika Serikat, Selasa (15/10/2019). Smartphone terbaru besutan Google ini bisa menjadi pesaing dari iPhone 11 dan 11 Pro buatan Apple.

Ponsel pintar penerus dari seri Pixel 3 Series ini hadir dengan beberapa peningkatan dalam speknya. Mengutip dari berbagai sumber, bahwa keunggulan dari Pixel 4 Series ini terletak pada sisi kamera.

Meski smartphone flagship model sekarang memasang minimal 3 kamera di belakang, sedangkan HP Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL hanya dual kamera, namun memilki resolusi serta kombinasi lensa yang jarang dimiliki gadget lainnya.

Dua kamera belakang yang terdapat di Pixel 4 Series ini antara lain 12,2 MP bukaan f/1.7 (wide) dan 16 MP bukaan f/2.4 (telephoto). Dengan gabungan kamera standar dengan telephoto yang bisa 2x zoom ini, maka dapat menghasilkan fotografi yang keren.

Selain itu, dengan memakai kecerdasan buatan tersebut berfungsi sebagai “pembantu” zoom optik di saat mengambil objek gambar di kondisi gelap menjadi lebih baik. Dan fitur ini memang ditunjukkan guna memotret langit pada malam hari.

Kemampuan tersebut karena terdapat fitur Night Sight serta long exposure astrophotography.

Sedangkan fitur lainnya dari HP Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL, yakni Live HDR + yang memiliki dual exposure control ini. Kemudian white balance dapat menghasilkan jepretan yang hasil warnanya terlihat nyata. Kedua fitur ini bisa menghasilkan foto yang menarik.

Sementara untuk kamera depan dari smartphone Google Pixel 4 Series ini beresolusi 8 MP, dan TOF 3D camera.

Spek HP Google Pixel 4

Jika kamera di kedua smartphone Google Pixel 4 dan 4 XL terdapat kesamaan, maka untuk spesifikasi lainnya ada perbedaan. Sebagai bahan perbandingan berikut ini spek dari Pixel 4, yang HR Online kutip dari GSM Arena.

Untuk layar memiliki bentang seluas 5.7 inci dengan resolusi 1080 x 2280 piksel dan aspek rasio 19:9. Layarnya ini berpanel P-OLED dan diproteksi Corning Gorilla Glass 5.

Sedangkan untuk dapur pacunya, HP Google Pixel 4 mengusung chip octa-core Qualcomm SDM855 Snapdragon 855, dan GPU Adreno 640.

Sebagai pendukung performa, dipasang RAM berkapasitas 6 GB yang disandingkan dengan penyimpanan internal 64 GB serta 128 GB. Namun sayang tidak tersedia slot eksternal.

Di bagian daya, dipasang baterai dengan kapasitas 2800 mAh tipe non-removable. Tersedia juga fitur Fast battery charging 18W, USB Power Delivery 2.0 serta QI wireless charging.

Google Pixel 4 XL

Sementara untuk spek dari smartphone Pixel 4 XL memiliki layar seluas 6,3 inci beresolusi 1440 x 3040 piksel dan aspek rasio 19:9. Layarnya sama berpanel P-OLED dan diproteksi Corning Gorilla Glass 5.

Di bagian dapur pacu serta RAM tidak ada perbedaan dengan spek dari HP Google Pixel 4. Begitu juga sistem operasinya (OS) mengusung Android 10.

Perbedaan terletak pada kapasitas baterai. Untuk Ponsel Pixel 4 XL ini memiliki daya dengan kapasitas 3700 mAh. Akan tetapi sama-sama memiliki fitur pengisian cepat 18W, USB Power Delivery 2.0 serta QI wireless charging.

Fitur yang sama-sama dimiliki kedua smartphone besutan Google ini adlaah, disematkan sensor pemindai wajah atau face unlock serta Motion Sense.

Untuk fitur Motion Sense berteknologi teknologi Project Soli ini, bisa mengatur perangkat dengan memakai gestur tangan, jadi tidak perlu menyentuh ponsel. Misalnya, ketika ingin memiliki lagu hingga tidak menjawab panggilan telpon, cukup melambaikan tangan saja.

Sedangkan untuk harga HP Google Pixel 4 ini dibanderol 799 dollar Amerika Serikat atau sekitar kurang lebih Rp 11 jutaan. Dan Pixel 4 XL dijual dengan harga 899 US dollar Amerika Serikat atau kurang lebih Rp 12 jutaan. Kedua HP ini akan dipasarkan di Amerika Serikat dari tanggal 24 Oktober 2019. (Adi/R5/HR-Online)