HP Vivo iQoo Neo 855, Smartphone Kelas Gaming Harga Murah

HP Vivo iQoo Neo 855
HP Vivo iQoo Neo 855. Foto : Vivo China

HP Vivo iQoo Neo 855 baru saja diperkenalkan di negara asalnya Tiongkok. Smartphone baru besutan Vivo ini dibuat untuk yang doyan bermain game. Selain itu, ponsel pintar ini juga merupakan suksesor dari iQoo Neo yang diluncurkan Juli 2019.

Namun ada perbedaan dan peningkatan dari iQoo Neo 855 ketimbang versi regulernya. Karena sesuai dengan namanya, maka tentu perbedaannya ada pada bagian ‘otaknya’.

Jika versi reguler memakai chip lawas yakni Snapdragon 845 sehingga harganya lebih murah, maka versi upgrade-nya ini mengandalkan Qualcomm Snapdragon 855, yang memang sesuai dengan namanya.

Akan tetapi, spek dari Vivo iQoo Neo 855 terutama di dapur pacunya masih kalah dengan iQoo Pro, yang mengusung chipset Snapdragon 855 Plus.

Seperti mengutip dari laman GSM Arena, peningkatan pada HP Vivo iQoo Neo 855 bukan hanya di bagian platformnya saja, melainkan ada juga pada sektor fitur pengisian baterainya.

Meski sama-sama dibekali baterai berkapasitas 4500 mAh, namun untuk smartphone Vivo iQoo Neo 855 dibekali fitur fast battery charging 33W, sedangkan versi regulernya hanya 22.5W.

Pihak Vivo mengklaim bahwa fitur pengisian cepatnya ini bisa mencharger daya baterai 30% lebih cepat dari pada versi regulernya.

Spesifikasi HP Vivo iQoo Neo 855

Sementara untuk spek lainnya tidak ada perubahan dengan apa yang ada di smartphone Vivo iQoo Neo. Seperti bagian jeprat-jepret dengan memasang triple camera (3 kamera) di belakang.

Ketiga kamera belakangnya itu berkeuatan 12 MP, 8 MP dan 2 MP. Sedangkan untuk foto selfie atau video call dipasang juga kamera depan beresolusi 12 MP.

Untuk bagian layarnya, memiliki ukuran seluas 6.38 inci berpanel Super AMOLED. Resolusi layarnya mencapai 1080 x 2340 piksel dengan aspek rasio 19.5:9.

HP Vivo iQoo Neo 855 juga terdapat notch atau takik yang letaknya di tengah-tengah bagian atas, untuk menyimpan kamera depan. Di dalam layarnya ini juga dipasang sensor fingerprint (sidik jari) untuk keamanan ponsel.

Sementara untuk meningkatkan performa ponsel, pihak Vivo juga memasang perangkat lunak khusus untuk bermain game. Fitur tersebut yakni Game Magic Box serta Game Space 2.5.

Selain itu, untuk mengurangi panas dari ‘mesin’ maka dipasang pendingin yang sangat baik. Dengan adanya pendingin yang berupa cairan serta software Cooling Turbo, maka smartphone Vivo iQoo Neo 855 tidak akan cepat panas meski bermain game dalam waktu lama.

Sedangkan di bagian OS masih sama dengan versi reguler yaitu berbasis Android 9 Pie dengan menjalankan antarmuka Funtouch OS 9.

RAM-nya sendiri memiliki dua varian, antara lain berkapasitas 6 GB yang disandingkan dengan penyimpanan internal 64 GB, serta 8 GB dengan ROM 256 GB.

Sementara untuk harga HP Vivo iQoo Neo 855 yang memiliki warna hitam, putih serta ungu ini, dibanderol 1.998 Yuan atau kurang lebih Rp 4 jutaan untuk versi RAM 6 GB / 64 GB, dan 2.698 Yuan atau sekitar Rp 5,4 jutaan untuk varian yang lebih tinggi, 8 GB / 256 GB. (Adi/R5/HR-Online)