Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita CiamisHutan di Panjalu Terbakar, Selama Sehari 3 Kebakaran Hutan Terjadi di Ciamis

Hutan di Panjalu Terbakar, Selama Sehari 3 Kebakaran Hutan Terjadi di Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kawasan hutan yang berada Blok Cipeundeuy Dusun Neglasari, Desa Hujungtiwu, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dilaporkan terbakar, Rabu (23/10/2019) malam. Letupan api yang membakar pepohonan kering sudah mulai terlihat dari pukul 16.00 WIB.

Namun, pada sekitar pukul 19.00 WIB, api mulai membesar dan melalap sejumlah pepohonan kering. Kebakaran hebat pun terjadi. Warga yang dibantu petugas kepolisian dan TNI berjibaku memadamkan api dengan alat seadanya. Akhirnya kebakaran bisa dipadamkan pada sekitar pukul 21.30 WIB.

Belum diketahui pasti penyebab dari kebakaran tersebut. Hanya dugaan sementara kebakaran akibat pembakaran sampah warga.

Ketua Tagana Kabupaten Ciamis, Ade Waluya, membenarkan adanya kejadian kebakaran tersebut. Menurutnya, pada hari ini kebakaran hutan tidak hanya terjadi di Desa Hujungtiwu Panjalu, tetapi peristiwa serupa pun terjadi di Desa Kiarapayung Kecamatan Rancah dan di kawasan hutan Perhutani yang berada di Kecamatan Sadananya.

“Hari ini kami mendapat tiga laporan kebakaran lahan di wilayah Kabupaten Ciamis,” ujarnya.

Namun, kata Ade, laporan terakhir diterimanya, kebakaran di Desa Kiarapayung Kecamatan Rancah dan Desa Hujungtiwu Kecamatan Panjalu sudah berhasil dipadamkan. Sementara kebakaran lahan Perhutani yang berada di Kecamatan Sadananya belum mendapat laporan. (R2/HR-Online)