Jamur Disebut Berkhasiat Atasi Kanker Prostat

Jamur Disebut Berkhasiat Atasi Kanker Prostat

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Rutin mengonsumsi jamur disebut-sebut mampu berkhasiat kanker prostat. Hal itu terungkap dalam sebuah penelitian di Jepang yang diterbitkan pada Jurnal Kanker Internasional.

Informasi ini tentunya sangat berharga bagi pria di atas usia 50 tahun yang gemar makan daging ketimbang sayuran dan buah. Rutin mengonsumsi jamur bisa menghindari potensi terkena kanker prostat sampai 8 persen.

Science Daily menyebutkan, risiko kanker prostat bisa ditekan oleh nutrisi yang terkandung dalam jamur. Peneliti menyarankan agar pria di atas usia 50 tahun mulai mengonsumsi jamur 1 sampai 2 kali dalam seminggu.

Menurut peneliti, pria yang mengonsumsi jamur lebih dari 3 kali dalam seminggu, berpotensi terhindari dari kanker prostat lebih besar. Bahkan persentasenya bisa mencapai 17 persen.

Saat ini, kanker prostat merupakan salah penyakit yang paling umum dialami olehpara pria. Data tahun 2018 menyebutkan, 1,2 juta pria mengidap kanker prostat. Di negara Inggris, satu dari delapan pria terdiagnosa mengidap kanker prostat.

Peneliti mengungkapkan, pria yang mengidap kanker prostat akan mendapati benjolan seukuran walnut pada kelenjar prostat. Ciri-ciri lainnya, air mani yang dihasilkan pria akan keluar tanpa kendali.

Penyebab kanker prostat sendiri diantaranya disebabkan karena banyak faktor. Diantaranya faktor usia, obesitas, riwayat kesehatan keluarga, pola makan, paparan bahan kimia, penyakit menular seksual dan vasektomi.

Data yang dihasilkan dari 36.499 partisipan pria usia 40-79 tahun, pada studi Studi Kelompok Miyagi (1990) dan Ohsaki (1994), 3,3 persen partisipan diantaranya terdiagnosa alami kanker prostat.

Sementara itu, Shu Zhang, PhD, peneliti dari Sekolah Kesehatan Masyarakat Universitas Tohoku, Jepang, menyebutkan, pihaknya tidak mengumpulkan informasi spesies jamur. Jadi pihaknya tidak mengetahui secara spesifik jamur mana yang berkontribusi.

‚ÄúSelain itu, mekanisme efek menguntungkan jamur pada kanker prostat juga tidak pasti,” katanya. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...
Loading...