Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita TerbaruJenis Lantai untuk Rumah yang Populer, Pilih yang Mana?

Jenis Lantai untuk Rumah yang Populer, Pilih yang Mana?

Memilih jenis lantai untuk rumah yang tepat merupakan sebuah keputusan yang melibatkan berbagai pertimbangan.

Sebab, pemilihan lantai perlu disesuaikan dengan fungsi dan luas dari ruangan secara khusus, baik itu pemilihan tekstur, motif, material, sampai harga desain.

Karena itu, walaupun lantai merupakan bagian yang terakhir dipasang dalam proses pembangunan sebuah rumah, bukan berarti pemilihan lantai juga jadi hal yang terakhir direncanakan dan dipikirkan. Apalagi, Anda bisa temukan beragam jenis lantai untuk rumah yang masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Untuk membantu Anda menemukan jenis lantai yang paling sesuai berdasarkan kebutuhan Anda dan hunian Anda, yuk kenali lebih dulu berbagai jenis serta karakteristiknya. Dengan begitu, Anda pun bisa dengan lebih mudah memilih jenis lantai yang tepat.

Jenis Lantai untuk Rumah

Lantai Keramik

Jenis yang satu ini pasti sudah tak lagi asing untuk Anda karena memang sangat mudah ditemui di rumah-rumah. Salah satu faktor dibalik popularitas jenis lantai untuk rumah yang satu ini adalah pilihan motifnya yang sangat beragam dan menarik. Di samping itu, lantai keramik juga bisa digunakan di nyaris berbagai jenis ruangan.

Tapi, lantai keramik paling cocok digunakan di kamar mandi karena sifatnya yang tidak menyerap terlalu banyak air. Apalagi, Anda juga bisa pilih lantai keramik dengan permukaan bertekstur agar tidak licin. Sementara itu, keramik kurang cocok digunakan untuk kamar tidur karena sifatnya yang mudah pecah jika ada perubahan suhu yang mendadak. Pecahnya keramik bisa membuat lantai kurang nyaman.

Lantai Marmer

Marmer merupakan salah satu jenis batu alam yang sangat digemari untuk interior rumah karena sifatnya yang relatif kokoh, dan tampilannya yang mewah dan elegan. Karena itu, jenis lantai untuk rumah ini juga punya harga yang termasuk mahal.

Motif dan warna marmer yang beragam juga membuatnya sangat disukai banyak orang. Apalagi, Anda juga bisa membuat desain lantai dengan pola menyambung dengan menggunakan marmer. Di samping itu, marmer juga sangat kuat dan mampu menahan api dengan baik. Hanya saja, lantai marmer tidak cocok untuk ruangan outdoor karena bisa berjamur dan warnanya bisa pudar karena sinar matahari.

Lantai Tegel

Jenis lantai untuk rumah yang satu ini juga sudah tak lagi asing karena sama-sama mudah ditemukan, termasuk di Indonesia. Apalagi jika Anda merupakan penggemar hunian bergaya klasik, karena lantai tegel adalah salah satu ciri khas utama rumah dengan gaya ini.

Di samping itu, lantai tegel juga terasa sejuk ketika diinjak dengan kaki telanjang, yang pasti bisa membuat ruangan terasa makin nyaman. Karena itu, lantai tegel cocok dipasang di ruang tamu maupun kamar tidur. Belum lagi, perawatan lantai tegel juga sangat mudah karena Anda hanya perlu mengepelnya. Selain itu, pastikan lantai tidak terkenal cairan asam yang nodanya susah dibersihkan. 

Lantai PVC

Jenis lantai untuk rumah yang satu ini juga sering dikenal dengan nama vinyl, dan merupakan produk hasil campuran batu gamping, stone salt, dan kapur. Karena pilihan warna dan corak yang begitu beragam, Anda pasti bisa menemukan lantai PVC yang paling pas dengan selera Anda.

Lantai PVC bisa jadi alternatif andal kalau Anda mencari lantai yang relatif kuat, tahan air, dan harga yang terjangkau. Apalagi, lantai PVC bisa bantu meredam getaran sehingga tidak menimbulkan suara berisik ketika diinjak. 

Lantai Laminasi

Sekilas, lantai laminasi punya penampilan yang mirip dengan lantai kayu. Hanya saja, lantai laminasi punya permukaan yang lebih halus. Di samping itu, jenis lantai untuk rumah ini pun memang paling sering diproduksi dengan desain yang menyerupai corak dan warna lantai kayu alami.

Karena itu, lantai laminasi bisa jadi alternatif bagi Anda yang mendambakan keindahan kayu, tapi dengan harga yang lebih terjangkau. Hanya saja, lantai laminasi tidak boleh dibiarkan terlalu basah, yang bisa mengakibatkan munculnya rengat. Artinya, jangan gunakan lantai ini untuk ruangan basah seperti kamar mandi. Selain itu, hindari meletakkan perabot yang terlalu berat di atas lantai laminasi.

Itulah beberapa jenis lantai untuk rumah yang paling populer dan mudah ditemukan di Indonesia. Anda tertarik pilih yang mana? (R11/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img